Pengelola Perpustakaan Sekolah di Aceh Tamiang di Latih Aplikasi INLISLite

Pengelola Perpustakaan Sekolah di Aceh Tamiang di Latih Aplikasi INLISLite

Langsa (Pendis) --- Sebanyak 32 pengelola perpustakaan sekolah di Kabupaten Aceh Tamiang dilatih dan dibekali Bimbingan Teknis (Bimtek) sistem automasi perpustakaan berbasis web dengan menggunakan INLISLite Versi 3.2, di UPT Perpustakaan IAIN Langsa, Rabu (4/10/2023).

INLIS Lite merupakan perangkat lunak (software) aplikasi otomasi perpustakaan yang dibangun dan dikembangkan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) sejak tahun 2011.

Kegiatan kerjasama antara UPT. Perpustakaan IAIN Langsa bersama Pengurus Daerah Ikatan Pustakawan Indonesia (PD-IPI) Aceh menghadirkan narasumber dan instruktur Arkin SIP dan Zulfiqri SIP.

Kepala UPT Perpustakaan IAIN Langsa, Dr Nurmawati MPd mengatakan bahwa kegiatan Bimtek sistem otomasi perpustakaan bertujuan untuk membekali para pengelola perpustakaan khususnya dalam hal penerapan teknologi informasi di perpustakaan serta untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi para pengelola perpustakaan sesuai dengan perkembangan teknologi.

Nurmawati menambahkan, bahwa Bimtek tersebut merupakan bagian dari rangkaian materi Bimtek Pengelolaan Perpustakaan bagi Guru PAI yang berlangsung selama 4 (hari) mulai tanggal, 2-5 Oktober 2023.

"Bimtek ini di ikuti oleh 32 peserta dan mereka selama satu hari penuh dibekali dengan berbagai keterampilan dasar tentang penggunaan dan pemanfaatan aplikasi INLISLite yang menjadi kebutuhan di era sekarang ini," ujar Rahmawati.

Ia menambahkan, sebelumnya para peserta dibekali berbagai keterampilan teknis pengelolaan perpustakaan yang meliputi manajemen perpustakaan sekolah, pengolahan bahan pustaka (Inventaris, klasifikasi, katalogisasi dengan menghadirkan narasumber dari PD IPI Aceh Siti Aminah, Khairiah, Nazaruddin.

Sementara narasumber dan instruktur dari IAIN Langsa masing-masing Kurnia Safitri, Ika Azwina, Siti Suci Handayani, Kamali, Askhari, Sabaruddin dan Kepala Perpustakaan IAIN Langsa Nurmawati.

“Bimtek ini bertujuan untuk membekali peserta dalam mengelola perpustakaan, sehingga setelah kegiatan ini dapat melaksanakan kegiatan rutin perpustakaan, mulai dari pengadaan, pengolahan, perawatan koleksi, dan pelayanan perpustakaan dan lain sebagainya dengan maksimal,” katanya. []