Perpustakaan Internasional Kendari

Perpustakaan Internasional Kendari

Jakarta (Pendis) -- Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Nasional akan digelar di Kendari Sulawesi Tenggara pada 3-7 September 2023. KSM Tingkat Nasional diikuti oleh juara pertama KSM Tingkat Provinsi untuk setiap bidang lomba.

KSM yang yang digelar sejak tahun 2012 menjadi ajang yang positif dalam membangun budaya kompetisi. Kegiatan ini digelar Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

GOR Apriyani Rahayu

 

Kompetisi Sains Madrasah ini dilaksanakan dengan tujuan menyediakan wahana bagi siswa madrasah untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang sains. Selain itu, KSM juga betujuan untuk memotivasi siswa madrasah agar selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual berdasarkan nilai-nilai agama.

Kendari Sulawesi Tenggara ditetapkan sebagai tuan rumah perhelatan tingkat nasional 2023. Venue pelaksanaan KSM adalah gedung perpustakaan Internasional, GOR Apriani sebagai tempat pelaksanaan tes CBT dan Myres serta expo madrasah dan lapangan ex MTQ sebagai lokasi pembukaan.

Seluruh lokasi yang dipersiapkan Kemenag Sultra ini difasilitasi Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara dan Kota Kendari dinilai cukup representatif dan layak digunakan pada perhelatan KSM Nasional mendatang. 

Lapangan Ex MTQ Kendari 

 

Gedung perpustakaan yang menjadi salah satu venue pelaksanaan KSM 2023 merupakan gedung perpustakaan bertaraf internasional yang dibangun di Jalan Sao-Sao, Kecamatan Kadia, Kota Kendari. Gedung dengan konsep bangunan yang berbentuk bulat yang baru saja diresmikan dan dioperasikan awal tahun 2023 ini, tidak hanya menjadi pusat baca bagi warga Masyarakat Sulawesi Tenggara, tetapi juga menjadi tempat wisata edukasi bagi Masyarakat Sulawesi Tenggara dan Masyarakat Indonesia bahkan wisatawan dari luar negeri.

Selain itu, GOR Apriyani Rahayu juga menjadi salah satu tempat yang disiapkan untuk pelaksanaan KSM tingkat nasional tahun 2023. GOR yang semula bernama Gelanggang Pemuda Bahteramas, setelah renovasi diganti Namanya menjadi GOR Apriyani Rahayu. GOR ini sebagai sarana olahraga yang berlokasi di jalan Sao-sao Kelurahan Bende, Kecamatan Kadia Kota Kendari.

Lapangan Ex MTQ Kendari diagendakan menjadi tempat pembukaan perhelatan KSM tingkat nasional tahun 2023.  Kegiatan   dijadwalkan akan dibuka pada Minggu (3/9) malam oleh Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas. Lapangan Ex MTQ Kendari merupakan lapangan yang tahun 2021 dijadikan tempat perhelatan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Nasional.