Risma Juwita, Mahasiswa FEBI UIN Bukittinggi, peraih Juara II Business Plan Competition

Risma Juwita, Mahasiswa FEBI UIN Bukittinggi, peraih Juara II Business Plan Competition

Bukittinggi (Pendis)-- Keberhasilan gemilang diraih oleh tim mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi dalam ajang The 1st International Olympiad on Islamic Economics and Business (IOSIE) 2023.

Dengan dedikasi tak tergoyahkan, Risma Juwita, Yusra Wira Yudha, dan Celfin Gun Prananda berhasil meraih juara II dalam cabang Business Plan Competition yang diselenggarakan dalam kerja sama antara Asosiasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (AFEBIS) dan FEBI UIN Raden Mas Said Surakarta.

Momentum gemilang ini dirayakan dalam suasana luar biasa di kampus UIN Raden Mas Said Surakarta selama periode 29 s.d 31 Agustus 2023. Acara prestisius tersebut membangun jembatan kolaborasi internasional, dan menghadirkan semangat kompetisi yang bergairah.

Mengundang perhatian sepuluh negara yang ikut serta, termasuk Mesir, Australia, Sudan, Inggris, Thailand, Bahrain, Malaysia, New Zealand, Arab Saudi, dan Indonesia. Lebih dari 392 peserta dari berbagai belahan dunia telah mengukir jejaknya dalam 15 lomba yang dipersiapkan dalam rangkaian ajang olimpiade ini.

Tujuan terpenting dari ajang IOSIE adalah untuk memberi dorongan kepada mahasiswa untuk memperdalam pemahaman mereka tentang ekonomi Islam dan mempraktikkan potensi kreatifitas mereka dalam mengaplikasikan konsep ekonomi Islam dalam kehidupan nyata.

Melalui kompetisi ini, mahasiswa juga diharapkan dapat mempertajam kompetensi intelektual mereka serta meningkatkan keterampilan dalam konteks ekonomi Islam. Selain itu, acara ini juga menjadi wadah yang sangat tepat untuk membuka peluang kompetisi yang sehat, kolaborasi yang bermakna, serta interaksi lintas budaya di skala internasional.

Kemenangan membanggakan yang berhasil ditorehkan oleh Risma Juwita dan tim FEBI UIN Bukittinggi dalam cabang lomba Business Plan Competition menegaskan dedikasi mereka dalam mempersiapkan dan menyajikan rencana bisnis yang menggabungkan prinsip-prinsip ekonomi Islam dengan inovasi kontemporer.

Tidak hanya Risma Juwita beserta tim yang berhasil meraih juara II, Nurul Hidayah dalam bidang lomba Karya Tulis Ilmiah juga berhasil masuk final. Walau belum berhasil membawa pulang medali kemenangan, melaju ke babak final pun sudah merupakan capaian yang membanggakan.

Wakil Rektor III Arman Husni memandang perlu adanya pembinaan terhadap mahasiswa-mahasiswa berprestasi ini. Tidak hanya membina namun juga mempersiapkan kader penerus yang bisa meneruskan estafet kemenangan di ajang lainnya. "Kemenangan ini jelas mengharukan, anak-anak didik kita bisa membuktikan bahwa mahasiswa UIN Bukittinggi yang berasal dari kota kecil bisa bersaing dan mendapat juara di ajang yang besar. Semoga hal ini bisa memotivasi mahasiswa lain untuk mengukir prestasi yang sama bahkan melebihi," pungkasnya.

Prestasi ini tak hanya membanggakan FEBI dan UIN Bukittinggi, namun juga menjadi bukti nyata kontribusi berharga yang dihasilkan oleh mahasiswa Indonesia dalam pengembangan bidang ekonomi dan bisnis Islam.

"Prestasi gemilang ini adalah bukti nyata dari dedikasi dan komitmen para mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) dalam mengembangkan diri dan meraih kesuksesan. Kemenangan mereka tidak hanya merupakan pencapaian individu, tetapi juga mencerminkan kualitas pendidikan yang kami berikan di FEBI. Kami sangat bangga dengan prestasi mereka dan kami akan terus mendukung mahasiswa-mahasiswa kami untuk meraih lebih banyak prestasi di masa mendatang," tutur Hesi Eka Puteri selaku Dekan FEBI.

Melalui langkah yang telah mereka raih, diharapkan bahwa pencapaian luar biasa ini dapat menginspirasi mahasiswa lainnya untuk mengembangkan potensi mereka dan berkontribusi pada perkembangan ilmu ekonomi Islam, baik di tingkat nasional maupun internasional. Semoga kemenangan ini akan menjadi langkah awal dalam perjalanan mahasiswa FEBI UIN Bukittinggi menuju kesuksesan yang semakin besar.