Asesmen Lapangan Secara Daring Oleh LAMDIK

Asesmen Lapangan Secara Daring Oleh LAMDIK

Batusangar (Pendis) - Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan (LAMDIK) lakukan asesmen lapangan secara daring Program Studi Tadris/Pendidikan Basaha Inggris (TBI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar.

Tim asesor LAMDIK yakni Prof. Dr. Yudi Juniardi, S.Pd. M.Pd. dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Serang Banten dan ibu Prof. Hj. Emi Emilia, M.Ed, Ph.d, dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Senin (13/03/23) auditorium kampus I.

Rektor UIN MY Batusangkar Prof. Dr. Marjoni Imamora, M.Sc mengatakan, Akreditasi ini tentunya memberikan arti yang sangat penting bagi pengembangan UIN MY Batusangkar di masa yang akan datang. apalagi asesmen lapangan program studi S.1 tadris bahasa inggris FTIK ini terasa istimewa karena dilakukan dalam suasana awal alih bentuk IAIN Batusangkar menjadi UIN MY Batusangkar.

“Selain itu juga dilakukan dalam suasana hangat-hangatnya pengukuhan dekan FTIK ibu Prof. Dr. Suswati hendriani, M.Pd., M.Pd sebagai guru besar dalam bidang pendidikan bahasa inggris. Dengan demikian rangkaian momentum istimewa ini menjadi sangat berarti terutama upaya pembinaan bagi kami untuk bertransformasi ke arah yang lebih baik sejalan dengan prinsip Continuous Quality Improvement

Dalam konteks akreditasi, alhamdulillah prodi tadris bahasa inggris telah mendapat peringkat A berdasarkan SK BAN-PT Nomor: 4805/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2017, yang pada waktu itu menggunakan instrumen akreditasi 7 standar BAN-PT. selanjutnya awal tahun 2022 yang lalu dilakukan konversi melalui ISK dan alhamdulillah mendapat peringkat Unggul berdasarkan SK BAN-PT Nomor: 2871/SK/BAN-PT/AK-ISK/S/V/2022, “sambung Prof. Marjoni”

Lebih lanjut Prof Marjoni mengatakan, dapat kita sampikan kepada tim asesor bahwa sehubungan dengan pengembangan institusi, telah dituangkan dalam rencana induk pengembangan tahun 2015-2039 UIN MY Batusangkar, dengan visi “integratif dan interkonektif dalam keilmuan, berkearifan lokal, bereputasi global”.

Sehubungan dengan pengembangan Institusi, telah dituangkan dalam Rencana Induk Pengembangan (RIP) tahun 2015-2039 dengan visi “Integratif dan Interkonektif dalam Keilmuan, Berkearifan Lokal, Bereputasi Global”, bahwa pembauran keilmuan antara keilmuan Umum “ dan Agama”

Dengan itu, insyaallah dalam tahun 2023 ini kita akan menambah program studi umum, yakni satu Fakultas Sains dan Teknologi, “ucap Prof Marjoni dihadapan tim asesor”

Ucapan terima kasih kepada dewan pengurus LAMDIK yang telah menerima dan menfasilitasi pelaksanaan akreditasi program studi S1 TBI FTIK UIN MY Batusangkar, dan semua pihak, baik pimpinan Universitas, pimpinan Fakultas, pimpinan lembaga dan unit, dosen, tendik, tenaga kependidikan, mahasiswa, alumni dan mitra serta tim laporan evaluasi diri dan data kuantitatif, yang telah meluangkan waktunya dalam menyiapkan instrumen yang diperlukan untuk pelaksanaan akreditasi hingga pelaksanaan asesmen lapangan dengan baik. “tutup Marjoni”(doni)