Ratusan Mahasiswa dan Dosen UIN Ar-Raniry Ikut Sosialisasi Pendidikan Amerika dan Australia

Ratusan Mahasiswa dan Dosen UIN Ar-Raniry Ikut Sosialisasi Pendidikan Amerika dan Australia

Banda Aceh (Pendis) --- Ratusan mahasiswa dan dosen muda di UIN Ar-Raniry Banda Aceh bersama praktisi serta ratusan siswa dari seluruh sekolah Banda Aceh dan Aceh Besar sangat antusias mengikuti "Education Fair dan Workshop Study in USA and Australia".

Kegiatan ini berlangsung di Auditorium Ali Hasjmy UIN Ar-Raniry, Sabtu (3/2/2023) dan dibuka secara resmi Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh Mujiburrahman yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama Saifullah.

Kegiatan kolaborasi ini terlaksana atas kerja sama antara UIN Ar-Raniry dengan Forum Indonesia Muda (FIM) Regional Aceh, Mata Garuda LPDP (MG) Aceh, dan Forum Mahasiswa Aceh Dunia (Formad) dengan tujuan untuk sosialisasi pendidikan di luar negeri bagi pemuda Aceh.

Dalam sambutannya, Saifullah menyampaikan apresiasi atas terlaksananya workshop tersebut, ia menekankan pentingnya mengikuti sosialisasi ini untuk membekali peserta mempersiapkan diri melanjutkan pendidikan ke luar negeri.

"Kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat banyak manfaatnya untuk para adek-adek dalam mencari format cita-citanya, khususnya dalam bidang akademik, untuk melanjutkan studi lebih lanjut, S1, S2 dan S3 di luar negeri, khususnya Amerika dan Australia,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Saiful mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kemajuan pendidikan di Indonesia khususnya di Aceh, ia berharap agar  kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan kembali di masa yang akan datang.

"Terima kasih dan penghargaan kami untuk panitia yang sudah melakukan sesuatu yang sangat bermanfaat bagi kemajuan pendidikan di Indoensia dan Aceh secara khusus, semoga acara seperti ini tidak berhenti pada tahun ini saja,” harapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Koordinator Career Development Center (CDC) UIN Ar-Raniry, Khatib A. Latief juga mengungkapkan harapan yang sama. Ia berharap kegiatan ini menjadi langkah awal bagi pengembangan karier mahasiswa dan alumni UIN Ar-Raniry Banda Aceh untuk melanjutkan studi ke luar negeri.

Sementara itu, Ketua Panitia, Rivan dalam laporannya menyampaikan bahwa peserta pada kegiatan ini berjumlah 780 orang, yang terdiri dari siswa SMA sederajat, mahasiswa S1 dan S2, sarjana, praktisi dan pekerja profesional.

“Kegiatan ini diikuti oleh 780 peserta, dari kalangan siswa SMA sederajat, mahasiswa S1 dan S2, dosen, praktisi, dan profesional dengan tujuan untuk memberi informasi dan motivasi kepada pemuda Aceh untuk mengenyam studi di luar negeri,” lapornya.

Rivan menyebutkan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan pada kegiatan tersebut yaitu Seminar Study in USA, Seminar Studi in Australia, info kampus UIN Ar-Raniry, Essay Workshop dari tiga beasiswa AAS, LPDP, dan Fulbright, tes IELTS gratis dari LDC UIN Ar-Raniry.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada sponsorship dan partnership, terutama seluruh panitia kolaborasi, Rektor UIN Ar-Raniry, FIM Aceh, MG Aceh dan Formad,” ungkapnya.

Workshop ini diharapkan mampu memotivasi dan membekali pemuda Aceh yang bercita-cita untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri khususunya Amerika dan Australia, diselenggarakan secara kolaboratif bergerak maju untuk memabangun Aceh dan Indonesia. 

Kegiatan tersebut didukung oleh Career Development Center (CDC) UIN Ar-Raniry, Pusat Pengembangan Bahasa UIN Ar Raniry, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Yayasan Malem Putra, Diaspora Global Aceh, Australia Awards in Indonesia, EducationUSA, Yagi Natural, Dema UIN, Office International UIN, OIA USK, Bank Sampah USK, Bina Antar Budaya, ACCESS serta sejumlah volunteer lainnya dari awardee AAS, LPDP, dan Fulbright. []