Direktur KSKK Madrasah

Direktur KSKK Madrasah

Jakarta (Kemenag) – Meski dalam suasan pandemi, tak menghalangi produktifitas siswa madrasah dalam meraih sederet prestasi akademik maupun non akademik. Hal ini juga menjadi bukti eksistensi madrasah mulai tingkat regional, nasional hingga internasional. Sederet prestasi tahun ini menjadi kado terindah dan sejarah gemilang kamajuan Madrasah di tengah keterbatasan dan kesulitan yang dialami selama pandemi covid-19.

Direktur Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Moh. Isom mengatakan, banyak prestasi yang ditorehkan oleh madrasah dalam kurun waktu satu tahun, hal ini mencerminkan semangat madrasah mandiri berprestasi. 

“Kami terus berupaya untuk menggalih potensi siswa melalui berbagai macam rangkaian program yang dapat mengembangkan dan merangsang kreatifitas dan inovasi siswa madrasah,” ungkap Ishom di Jakarta, Senin (3/1/2021).

Ishom menyampaikan, sejumlah program seperti Kompetisi Robotik Madrasah, Kompetisi Sains Madrasah, Madrasah Young Researchers Super Camp, Madrasah Vlog Competition, Lomba Film Pendek Madrasah, Akademi Madrasah Digital, dan Duta Harmoni moderasi beragama menjadi sarana siswa madrasah dalam meningkatkan prestasinya.

“Madrasah hari ini sudah mulai menunjukkan eksistensinya diberbagai macam even perlombaan baik itu bersifat akademik maupun non akademik yang diselenggarakan oleh kementerian atau lembaga lainnya, mulai dari prestasi tingkat regional, kab/kota, provinsi, nasional hingga internasional,” katanya. 

Menurut Ishom, semua prestasi ini merupakan kerja keras dan kerja cerdas seluruh warga madrasah. “Kita hanya perlu mendorong, memotivasi, dan memfasilitasi siswa madrasah agar tumbuh dan berkembang, mengasah talenta, bakat, serta minat yang dimiliki para siswa, baik akademik maupun non akademik,” tuturnya.

Kondisi Pandemi Covid 19, lanjut Ishom, bukan menjadi sebuah halangan untuk tetap eksis dalam berprestasi, hal ini dibuktikan oleh beberapa madrasah yang produktif selama tahun 2021.

Berdasarkan Top 1000 sekolah/madrasah Tahun 2021 Berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) saja, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah merilis, sebanyak 62 Lembaga Pendidikan Madrasah yang masuk  terbaik nasional. Dari 1000 sekolah/madrasah yang dirilis, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Serpong menduduki peringkat pertama.

Di tahun yang sama, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan juga menetapkan Sekolah Adiwiyata Nasional Tahun 2021, diantaranya terdapat 21 madrasah dari 344 sekolah yang memiliki gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup yaitu MIN 1 Asahan, MIN 5 Asahan, MIN 7 Tapanuli Selatan, MIN 1 Kota Medan, MIN 5 Kota Medan, MIN 6 Tangerang, MAN 1 Tangerang, MAN 1 Bandung, MTs Harapan baru Kab Ciamis, MIN 5 Blitar, MTsN 8 Blitar, MTs Alhikam Jombang, MIN 1 Madiun, MTsN 4 Pasuruan, MTsN 1 Ponorogo, MIS Ma'arif Bego Sleman, MTsN 1 Sleman, MTsN 4 Sleman, MTsN 2 Sumbawa, MTsN 2 Jeneponto, dan  MTs Al-Khairaat Pusat Palu.

MTsN 1 Pati meraih 1.909 medali dalam kurun waktu 1 tahun selama 2021, 66 prestasi tingkat internasional, 1.755 prestasi tingkat nasional, 93 prestasi tingkat provinsi dan 15 prestasi tingkat kabupaten/kota sudah kami raih.

MAN 1 Yogyakarta pada tahun 2021 meraih 460 prestasi dan penghargaan yang diraih oleh 465 siswa, yaitu 18 prestasi tingkat internasional dan 359 prestasi tingkat nasional, selebihnya tingkat regional, propinsi, dan kota/kabupaten.

MAN 2 Kota Malang mencatat ada 393 siswa yang terlibat dalam pencapaian prestasi akademik sepanjang 2021. Selain itu, tercatat ada 37 prestasi non akademik yang diraih para siswa. Artinya 430 Prestasi akademi dan non akademik sudah ditorehkan.

Ishom menerangkan, ini adalah salah satu dari sekian banyak madrasah yang memberikan warna bagi negeri dengan torehan prestasi yang begitu membanggakan. “Tidak sedikit madrasah lainnya sudah memberikan banyak bukti nyata bahwa madrasah siap memberikan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul bagi negeri ini,” ujar Isom.

“Prestasi-prestasi yang ditorehkan oleh madrasah ini menajadi kado terindah bagi semua warga madrasah di Hari Amal Bakti Kementerian Agama ke 76, Madrasah Mandiri Berprestasi Madrasah untuk Indonesia,“ pungkasnya. (BR)