Rektor UIN Gus Dur saat menerima mahasiswa Asing yang kuliah di UIN Gus Dur

Rektor UIN Gus Dur saat menerima mahasiswa Asing yang kuliah di UIN Gus Dur

Pekalongan (Pendis) - Dalam rangka penyambutan mahasiswa asing yang telah datang secara bertahap untuk studi di UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan (UIN Gus Dur), Rektor UIN Gus Dur Zaenal Mustakim menyelenggarakan Welcome dinner yang bertempat di Kafe Anak Panah Kopi Plus di Pekalongan hari Minggu tanggal 10 September 2023.

Acara tersebut dihadiri oleh Rektor beserta segenap jajaran Wakil Rektor, Kepala Pusat Layanan Internasional UIN Gus Dur serta mahasiswa asing yang berasal dari Thailand, Malaysia dan Filipinna. Selain itu, acara ini juga dihadiri oleh Ustadz Aiman Sabuding salah satu pengasuh/pengajar Ma’had Misbah el-Ulum Narathiwat Thailand dan Shakira alumni UIN Gus Dur.

Dalam sambutannya, Ustadz Aiman menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada UIN Gus Dur Pekalongan yang telah berkenan menerima dan memberikan beasiswa kepada murid-muridnya untuk melanjutkan jenjang pendidikan lebih tinggi. Beliau menyampaikan kesempatan untuk menempuh pendidikan tinggi dengan skema beasiswa di Thailand terbatas sehingga peluang beasiswa dari Indonesia sangat membantu murid-muridnya yang akan melanjutkan ke jenjang Perguruan Tinggi.

Selanjutnya, Rektor UIN Gus Dur Zaenal Mustakim dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang kepada mahasiswa asing yang studi di UIN Gus Dur. Zaenal juga menyampaikan akan memberikan layanan terbaik dalam proses perkuliahan bagi seluruh mahasiswa UIN Gus Dur khususnya kepada mahasiwa asing.

Selain itu, Zaenal juga menyampaikan kepada mahasiswa yang baru datang agar bisa beradaptasi dengan lingkungan baru dan belajar Bahasa Indonesia. “Saya berharap setelah selesai menempuh studi agar menjadi Duta UIN Gus Dur di negaranya masing-masing sehingga bisa mempromosikan kampus UIN Gus Dur dan memberi contoh yang baik Islam rahmatan lil ’alamin kepada yang lain,” ungkap Zaenal.

Zaenal menuturkan jumlah mahasiswa asing yang sudah datang ada 7 orang terdiri atas 4 mahasiswa dari Thailand, 2 mahasiswa dari Filipinna, dan 1 mahasiswa dari Malaysia. Rektor juga menyampaikan bahwa masih ada mahasiswa asing lain yang akan datang di bulan ini.

Sementara Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama, Muhlisin dalam sambutannya menyampaikan bahwa mahasiswa asing diharapkan dapat mengikuti secara aktif kegiatan organisasi mahasiswa (ormawa) dan memanfaatkan fasilitas yang tersedia di UIN Gus Dur seperti perpustakaan. Acara welcome dinner ini diakhiri dengan ramah tamah yang bertujuan untuk mempererat hubungan antarsesama mahasiswa asing.