Scor AKMI Literasi Sains Peserta Didik Madrasah Bergender Perempuan Relatif Lebih Tinggi

Selasa, 5 Desember 2023 16:04 WIB
Pendis

Scor AKMI Literasi Sains Peserta Didik Madrasah yang Berjenis Kelamin Perempuan Relatif Lebih Tinggi

Jakarta (Pendis) – Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama menggelar Assesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) yang. Kegiatan yang diselengarakan oleh Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah ini berlangsung 2 – 14 Oktober 2023.

“Capaian skor PISA (Programme for International Student Assessment ) bahwa literasi sains siswa Indonesia rendah,ini menjadi tantangan serius dalam hal literasi sains di kalangan peserta didik madrasah” hal ini disampaikan Muslim dari Universitas Pendidikan Indonesia saat memaparkan materi pada kegiatan Seminar Nasional Hasil Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI), Selasa (5/11/2023).

Menurutnya, kemampuan literasi sains yang merupakan salah satu kemampuan berliterasi yang harus dikuasai peserta didik sebagai tujuan Pendidikan untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan sikap ilmiah peserta didik madrasah.

“Dalam Upaya peningkatan merujuk capaian skor PISA, peserta didik harus melakukan pembiasanaan pengerjaan soal-soal deng format soal-soal PISa,”ungkap Muslim.

Ditambahkan pemateri lainnya, Chaerul Rochman dari UIN Bandung menyampaikan bahwa pelaksanaan asesmen literasi sais AKMI bertujuan untuk mengukur sejauh mana peserta didik madrasah memahami konsep-konsep sains, kemampuan dalam menganalisis informasi ilmiah dan kemampuan dalam berpikir kritis tentang isu-isu yang berkaitan dengan sains.

“Secara kualitas bahwa kebutuhan dalam proses kegiatan belajar mengajar telah terpenuhi untuk menghasilkan SDM yang berkualitas, akan tetapi hasil AKMI 2023, literasi sains ditinjau dari aspek gender, ternyata peserta didik berjenis kelamin Perempuan memiliki capaian kompetensi relatif  tinggi dibandingkan peserta didik berjenis kelamin laki-laki,”ujar Chaerul.

Dan ini menjadi pembuktian peningkatan kemampuan literasi sains pada peserta  didik berjenis kelamin perempuan, agar hasil yang kita dapatkan lebih baik, dimana antara peserta didik laki-laki dan Perempuan memiliki skor literasi sain yang imbang, dapat diambil solusi diantaranya dengan pembelajaran kolaboratif dan pembentukan grouping antara peserta didik perempuan dan laki-laki, sehingga terjadi komunikasi yang heterogen, pungkas Cherul


Tags:

madrasah

Bagikan:







Pendis
SIMPATIKA

Sistem Pendataan Informasi Tenaga Kependidikan

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah

Pendis
Selamat Datang di Portal PPID Kementerian Agama

Ini adalah website resmi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kementerian Agama Republik Indonesia.