Jr. NBA Coaches Academy/Foto: Kementerian Agama Prov. Jawa Tengah

Jr. NBA Coaches Academy/Foto: Kementerian Agama Prov. Jawa Tengah

Jawa Tengah (Pendis)--Dalam rangka perayaan hari jadi Jr. NBA ke - 75 Kanwil Kemenag Prov. Jateng bersama Jr. NBA (Junior National Basketball Association) berkolaborasi menggelar kegiatan Jr. NBA Coaches Academy bagi Guru Olahraga Madrasah se - Jawa Tengah dengan jumlah sebanyak 2000 peserta berlangsung di Gor Sritex Arena, Kota Surakarta pada hari Kamis (15/9). Opening Ceremony dibuka secara langsung oleh Kakanwil Kemenag Prov. Jateng, Musta'in Ahmad.

Musta'in berharap kepada para guru agar ilmunya dapat diterapkan dalam pembelajaran olahraga di sekolah.

"Mudah-mudahan dengan adanya kolaborasi ini dapat membangun persaudaraan untuk peradaban yang lebih baik lagi di masa depan. Ikuti dengan fokus agar dapat diimplementasikan di sekolah masing-masing," ujarnya.

Jr. NBA merupakan liga bola basket paling bergengsi di dunia yang mengajarkan keterampilan dasar serta nilai-nilai inti dari permainan dalam upaya membantu menumbuhkan dan meningkatkan pengalaman basket.

Saat ini kompetisi NBA terdapat 30 team yang masing-masing berpusat di satu kota, yaitu Boston, Massachusetts; New York (Brooklyn Nets dan New York Knicks); Philadelphia, Pennsylvania; Toronto, Ontario; Chicago, Illinois; Cleveland, Ohio; Aurburn Hills, Michigan; Indianapolis, Indiana; Milwaukee, Wisconsin; Atlanta, Georgia; Charlotte, Carolina Utara; Miami, Florida; Washington, D.C; Denver, Colorado; Minneapolis, Minnesota; Oklahoma City; Portland, Oregon; Salt Like City, Utah; San Francisco, California; Lose Angeles (Los Angeles Lakers dan Los Angeles Clippers); Phoenix, Arizona; Sacramento, California; Dallas, Texas; Houston, Texas; Memphis, Tennessee; New Orleans, Louisiana; San Antonio, Texas.

Pelatihan dipimpin langsung coach oleh Jr. NBA Carlos Barroca dan Natalia Andrei Dos Santos. Carlos Barroca menegaskan bahwa bermainlah dengan penuh cinta dan lakukan secara terus menerus.

"Tujuan diadakannya pelatihan ini agar para guru dapat termotivasi untuk di ajarkan kepada para siswa di sekolah. Berlatihlah terus menerus karena semakin sering bermain maka akan semakin lincah dan lakukan dengan tulus," pesan Carlos.

Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka hadir memberikan dukungan dan semangat kepada peserta.

"Ikuti dengan semangat, saya harap siswa - siswi Madrasah dapat maju ke kancah nasional. Maka dari itu para guru perlu memperhatikan dengan sungguh-sungguh, saya yakin banyak sekali ilmu yang dapat dipelajari pada pelatihan ini," katanya.

Pada kegiatan tersebut hadir pula Kabid Pendidikan Madrasah (Penmad), para Kasi Penmad, serta Sub Koordinator Bagian Perencana Data dan Informasi (PDI) Kanwil Kemenag Prov. Jateng.