Tahun ini, SNPDB MAN IC OKI Digelar di 7 Titik Lokasi

Tahun ini, SNPDB MAN IC OKI Digelar di 7 Titik Lokasi

Palembang (Pendis) --Pelaksanaan Seleksi Nasional Penerimaan Peserta Didik Baru (SNPDB) Masuk MAN Insan Cendekia (MAN IC)  jalur tes dengan menggunakan sistem Computer Based Test (CBT) dilaksanakan secara singkronus selama 2 hari pada tanggal 2 dan 3 Maret 2024. 

“Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) Madrasah Aliyah Neger Insan Cendikia (MAN IC)  berlangsung serentak secara nasional. Sebagai bentuk dukungan terhadap pelaksanaan CBT SNPDB MAN IC yang sebelumnya berlangsung di 2 titik lokasi, untuk tahun ini kita gelar di 7 titik lokasi di Sumsel yaitu di MAN IC OKI, MTsN 2 Palembang, MAN 3 Palembang, MAN 1 Lahat, MAN 1 OKU, MAN 2 Lubuklinggau dan MTsN 1 Musi Banyuasin,” hal ini disampaikan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Selatan Syafitri Irwan saat membuka kegiatan SNPDB di  MTS Negeri 2 Palembang yang menjadi salah satu titik lokasi (Tilok) di Sumatera Selatan, Sabtu (2/3/2024).

Ia menyampaikan bahwa tes CBT MAN IC berlangsung selama 2 hari dari tanggal 02 Maret sampai 03 Maret 2024 terdiri dari 4 sesi, demikian juga dengan tilok lainnya.

“Kita semua berharap, agar pelaksanaan CBT SNPDB ini terselenggara dengan lancar dan mendapatkan 144 peserta didik baru yang unggul,” ungkap Syafitri.

Ia menegaskan bahwa penentuan kelulusan peserta didik MAN Insan Cendikia adalah mutlak dari hasil tes peserta itu sendiri. Ia mengingatkan untuk tidak percaya apabila ada oknum yang menyatakan dapat membantu kelulusan peserta.

“Jangan pernah percaya apabila ada yang menyatakan dapat membantu meluluskan peserta. Pengumuman kelulusan MAN IC secara resmi hanya akan dkeluarkan melalui Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam,” tegas Kakanwil.

Syafitri turut bangga akan kemajuan madrasah sekarang ini. hal tesebut dapat dilihat dari animo masyarakat yang ingin masuk ke madrasah. sebagai salah satu contoh MAN IC OKI, tahun ini calon peserta didik baru yang mendaftar berjumlah 2.079 peserta, sementara yang akan diterima hanya 144 peserta melalui seleksi ini. Ini menjadi  bukti bahwa kini madrasah sudah menjadi pilhan utama bagi masyarakat,” ungkap Syafitri.

Sebagai bentuk penyerapan aspirasi dan harapan masyarakat yang banyak ingin memasukkan anaknya ke madrasah, Kementerian Agama RI akan terus berupaya menambah kapasitas ruang kelas baru di madrasah-madrasah, pungkasnya.

Pada hari pertama seleksi ini, Sabtu (2/3/2024), sesi 1 diikut 8. 576 peserta dilaksanakan pukul 07.30 hingga 11.30 wib  dan sesi 2 dilaksanakan pukul 13-17 wib diikuti 7.379 di 173 titik lokasi pelaksanaan se Indonesia.


Tags: # Madrasah