MAN Blora Bersholawat

MAN Blora Bersholawat

Blora (Pendis) - Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Blora mengadakan pendidikan karakter siswa dalam acara “MAN Blora bersholawat” dengan tema meneladani Akhlak Nabi Muhammad SAW sebagai landasan meraih prestasi. Acara ini dilaksanakan pada Senin, 24 Oktober 2022 pukul 08.00 hingga 11.00 WIB. 

MAN Blora bersholawat diadakan sebagai rangkaian acara Harlah MAN Blora ke-29, dengan dimeriahkan oleh Habib Syafi’i Alaydrus. Acara MAN Blora bersholawat ini dibuka dengan penampilan hadroh dari siswa-siswi Boarding School Az-Zukhruf MAN Blora, kemudian pembacaan ayat Suci Al-Quran oleh Ustadz Muhammad Ali Imron dan dilanjutkan sholawatan bersama Habib Syafi’i Alaydrus diiringi hadroh Babul Mukhtar.

“MAN Blora bersholawat bertepatan dengan Harlah MAN Blora, Hari Santri Nasional dan bulan Maulid yang karenanya semoga membawa keberkahan bagi kita semua. Harapannya semoga acara MAN Blora bersholawat sukses dan dapat dilaksanakan di tahun-tahun selanjutnya”, tutur Kepala MAN Blora, Sujito dalam sambutannya. 

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Blora, Bapak H. M. Kafit, S. Ag., M. Pd., menyampaikan apresiasi yang sangat besar kepada MAN Blora yang telah menyelenggarakan acara MAN Blora bersholawat dan beberapa perlombaan dalam rangka memeriahkan acara Harlah MAN Blora ke-29. Beliau juga mengingatkan kepada peserta yang hadir untuk senantiasa membaca sholawat agar dimudahkan segala urusan.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kabupaten Blora, Bapak Muhammad Ainur Rofiq, S. E., M. Si., juga menyampaikan bahwa siswa-siswi MAN Blora harus bangga menjadi santri, karena beberapa pimpinan pemerintahan berasal dari golongan santri yang mana berarti santri bisa memberikan kontribusi terhadap negeri. Program Bupati Blora yaitu seimbang fisik dan rohani, diantara beberapa program Bupati yaitu satu desa satu Hafidz/Hafidzoh, satu desa dua sarjana, dan program lainnya. Perhatian Bupati terhadap pendidikan juga ditandai dengan penandatanganan MoU bersama lebih dari 50 perguruan tinggi, ini tidak lain diperuntukkan bagi siswa-siswi lulusan SMA/SMK/MA dari Kabupaten Blora.

Dalam acara MAN Blora bersholawat ini, dilantunkan pula doa agar siswa-siswi MAN Blora dipermudah dalam menuntut ilmu serta semoga nantinya dapat menjadi orang yang bermanfaat bagi masyarakat, agama, dan negara. Selain itu juga, siswa-siswi MAN Blora diharapkan dapat meneruskan perjuangan para ulama’ terdahulu. Acara ini berjalan lancar dan meriah dengan dihadiri lebih dari 1.000 peserta yang terdiri dari siswa-siswi MAN Blora dan masyarakat umum.

Berbagai rangkaian acara Harlah MAN Blora ke-29 dimulai dari perlombaan voli tingkat SMP/MTs se-Kabupaten Blora, Kompetisi Pramuka Penggalang tingkat SMP/MTs se-Kabupaten Blora, lomba Kompetisi Mata Pelajaran untuk siswa SMP/MTs se-Kabupaten Blora, MAN Blora bersholawat, Bazaar sembako murah bagi masyarakat umum, serta jalan sehat dan pentas seni dari siswa-siswi MAN Blora.