Siswi MAN 1 Darussalam Ciamis Nazla Kayla Harahap saat menerima hadiah Juara 1 lomba Pidato Bahasa Arab

Siswi MAN 1 Darussalam Ciamis Nazla Kayla Harahap saat menerima hadiah Juara 1 lomba Pidato Bahasa Arab

Darussalam Ciamis (Pendis) - Siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Darussalam Ciamis Nazla Kayla Harahap berhasil meraih Juara I Pidato Bahasa Arab dalam perhelatan Musabaqah Khitobah tingkat Nasional yang berlangsung di UIN Walisongo Semarang.

Nazla yang saat ini tengah duduk di kelas XII Program Keagamaan ini Juara 1 Musabaqoh Khitobah yang diselenggarakan oleh Pusat Pengembangan Bahasa UIN Walisongo Semarang yang dikemas dalam acara Walisongo Language Nation Festival ( WLNF) Tahun 2023 yang tahun ini mengusung tema “Nasionalisme dalam Bingkai Moderasi Beragama”.

“Alhamdulilah puji syukur atas prestasi yang telah diraih ini, tentunya perjuangan untuk sampai Juara 1 membutuhkan proses dan usaha yang panjang tahap demi tahap tidak terlepas dari bimbingan, persiapan matang serta doa dari semua pihak, kegiatan dipesantren juga tentunya menjadi tantangan tersendiri bagaimana saya harus menyempatkan waktu memersiapkan lomba ini dengan maksimal” tutur Nazla.

Menurutnya, keberhasilah yang ia raih ini tidak terlepas dari kerja keras, dukungan dan doa dari segala pihak, termasuk guru pembimbing di madrasah.

“Saya bangga dengan sekolah ini dan mengucapkan banyak terimakasih kepada guru pembimbing Pa Aji dan Ibu Uus serta suporting sistem dari seluruh guru MAN 1 Darussalam Ciamis yang telah mewadahi bakat dan potensi siswa khususnya saya untuk mengikuti berbagai even semacam ini,” sambungnya.

Terdapat 2 kategori lomba yaitu: Bahasa Inggris dan Bahasa Arab, yang mana masing-masing kategori terdiri dari 3 cabang lomba; Story telling (مسابقة الحكاية), Speech Contest  (مسابقة الخطابة), Short Tik Tok Video (مسابقة الأفلام القصيرة).

Pelaksanaan lomba tersebut terdiri dari 2 tahap sebelum masuk ke babak final, dimana semua peserta diwajibkan menguplod pidatonya di chanel youtube pribadi/sekolah dan peserta finalis diumumkan pada tanggal 1 Agustus 2023 yang akan dilombakan kembali tanggal 8 Agustus 2023.