Tiga Proposal MAN 1 Bukittinggi Lolos Seleksi Madrasah Young Researchers Super Camp (MYRES) 2023

Tiga Proposal MAN 1 Bukittinggi Lolos Seleksi Madrasah Young Researchers Super Camp (MYRES) 2023

Bukittinggi (Pendis)-- Peserta didik MAN 1 Kota Bukittinggi lolos seleksi proposal dalam ajang Madrasah Young Researchers Super Camp (MYRES) 2023 dan BIMTEK MYRES 2023 Tingkat Nasional. 

Selasa, 6 Juni 2023  melalui laman resmi Myres 2023 diumumkan sebanyak lima judul proposal yang diajukan berhasil lolos seleksi Myres dan berhasil masuk bimtek Myres. Dengan ini, perwakilan peserta didik tersebut memberikan kebanggaan bagi madrasah dan kota Bukittinggi.

Tiga judul proposal peserta didik MAN 1 Kota Bukittinggi yang berhasil lolos seleksi proposal MYRES 2023 tingkat nasional tersebut yaitu pertama ditulis oleh Hadi dan Muhammad Adnan Hasan dibawah bimbingan Erria Nanda Utama, S.Psi.I. Proposal yang berjudul "Pengaruh Self Reward Terhadap Keborosan Dalam Konteks Pengeluaran Pribadi" ini membuktikan ketajaman analisis dan dedikasi mereka dalam menjalankan penelitian.

Selanjutnya, yang kedua ditulis oleh Annisa Hafifani dan Asyifa Tunnisa dengan proposal berjudul "Paku Resam Sebagai Ramuan Tradisional untuk Membasmi Hama Kutu Putih Pada Jeruk Lemon", dibawah bimbingan Refni Huda, S.Pd, yang telah memberikan arahan yang tepat dalam penelitian mereka. Kehadiran solusi tradisional yang efektif untuk masalah pertanian memberikan harapan baru bagi petani lokal.

Sementara yang ketiga ditulis oleh Debila Safitri dan Ghina Raudhatul Jannah juga memberikan kontribusi hebat dengan proposal mereka yang berjudul "Lilin Aroma Dari Ketumbar Sebagai Repellent Nyamuk", dibawah bimbingan Reni Novita, S.Pd, yang mendukung mereka sepanjang perjalanan penelitian. Temuan mereka berpotensi menjadi solusi alami untuk masalah nyamuk yang umum terjadi di masyarakat.

Selain itu, dua judul proposal siswa MAN 1 Kota Bukittinggi juga berhasil lolos dalam BIMTEK MYRES 2023 Tingkat Nasional. Moammar Zaki Aulia Pasya berhasil mencapai prestasi ini dengan proposal berjudul "Pengaruh Dark Jokes Terhadap Pemahaman Saling Menghormati Bagi Anak-Anak dan Remaja", dibawah bimbingan Erria Nanda Utama, S.Psi.I, sebagai pembimbingnya, memberikan panduan yang berharga dalam penelitian yang menggambarkan dampak humor pada pemahaman sosial.

Terakhir, Wulan Jannatul Rahmah menunjukkan eksplorasi budaya dengan proposalnya yang berjudul "Eksistensi Tradisi Batagak Kudo-Kudo di Desa Bato Kota Pariaman Pada Era Society 5.0", yang juga dibawah bimbingan Erria Nanda Utama, S.Psi.I, dimana dalam penelitiannya mengungkapkan pentingnya menjaga dan mempromosikan warisan budaya.

Diwawancarai di ruang kepala Madrasah, Irsyad, Kepala MAN 1 Kota Bukittinggi, menyampaikan rasa syukurnya atas prestasi siswanya ini. "Alhamdulillah kita berhasil masuk ketahap ini, selamat dan terimakasih kepada peserta didik yang lolos begitu juga kepada guru pembimbing yang sudah mendampingi peserta didik sampai ketahap ini, namun perjalanan masih panjang, kita harus mempersiapkan segala sesuatu untuk presentase proposal Senin depan. Waktu presentase sudah semakin dekat, maka perlu persiapan yang lebih intensif. Kita harus lebih serius mempersiapkan semua, dan jangan lupa persiapan fisik dan psikisnya juga harus diperhatikan," pesan kepala madrasah menutup pembicaraan. 

Dibawah pengawasan waka kesiswaan dan Koordinator Riset Junaidah, S. Pd., tim Riset berjibaku dan bekerjasama mempersiapkan presentase dalam babak ini. 

Sementara itu Kakan Kemenag Kota Bukittinggi, H. Eri Iswandi didampingi Plt Kasi Pendidikan Madrasah, Tri Andriani Djusair menyampaikan apresiasi terhadap prestasi yang diraih peserta didik MAN 1 Kota Bukittinggi.

"Selamat berjuang untuk tahap selanjutnya. Kami beharapkan pada babak final nantinya dapat meraih hasil terbaik dan dapat membanggakan Madrasah, Kantor Kementrian Agama Kota Bukittinggi dan masyarakat. Keberhasilan mereka bisa masuk ketahap selanjutnya dalam MYRES 2023 dan BIMTEK MYRES 2023 Tingkat Nasional semoga menjadi inspirasi bagi peserta didik lainnya untuk mengembangkan minat mereka dalam penelitian dan berinovasi demi kemajuan bangsa. Selamat dan sukses kepada peserta didik dan guru pembimbing MAN 1 Kota Bukittinggi yang telah berkontribusi dalam pencapaian ini, semoga prestasi ini menjadi awal dari perjalanan yang lebih gemilang di masa depan," jelasnya. (Dhila)

 

 


Tags: # madrasah