Koordinator 4.1 Dodi Irawan Syarip saat menyampaikan laporan pelaksanaan kegiatan Bimtek Manajemen Perubahan Bagi User Champion EMIS 4.0 Tahun 2022.

Koordinator 4.1 Dodi Irawan Syarip saat menyampaikan laporan pelaksanaan kegiatan Bimtek Manajemen Perubahan Bagi User Champion EMIS 4.0 Tahun 2022.

Makassar (Pendis) - Sebanyak 73 para tenaga pengelola data EMIS atau User Champion EMIS mengikuti Bimbingan Teknis Manajemen Perubahan Bagi User Champion EMIS 4.0 Tahun 2022 yang berlangsung mulai 16-19 November di The Rinra Hotel, Makassar.

Peserta kegiatan ini adalah para tenaga pengelola data EMIS atau User Champion EMIS tingkat Kanwil Kemenag Provinsi dan Kankemenag Kab/Kota pada 5 provinsi, yaitu Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Maluku dan Papua serta pengelola data EMIS tingkat Pusat.

Koordinator 4.1 Dodi Irawan Syarip menjelaskan, EMIS merupakan sistem pendataan yang digunakan untuk mengelola data kelembagaan, siswa, sarana prasarana, serta guru dan tenaga kependidikan pada lembaga-lembaga pendidikan di bawah naungan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam selama hampir 20 tahun.

"Seiring dengan berjalannya waktu, untuk memenuhi kebutuhan para stakeholder yang terus berkembang, diperlukan proses revitalisasi EMIS," jelasnya, Rabu (16/11/2022).

Lebih lanjut kata Dodi, penggunaan EMIS yang sudah berlangsung cukup lama, tentunya telah menciptakan kebiasaan-kebiasaan tertentu di kalangan pengguna EMIS, baik itu kebiasaan yang bersifat baik maupun tidak. Oleh karenanya, selain pemanfaatan teknologi terkini, kegiatan yang tidak kalah pentingnya dalam proses revitalisasi ini adalah proses “change management” (manajemen perubahan) untuk memastikan EMIS 4.0 ini dapat digunakan dan dimanfaatkan oleh seluruh stakeholder secara maksimal.

Bimtek ini diharapkan dapat membantu terkait penggunaan aplikasi EMIS 4.0 kepada para User Champion EMIS Madrasah di tingkat Pusat, Kanwil Provinsi dan Kankemenag Kab./Kota, juga memberikan pemahaman terkait manajemen perubahan dalam implementasi EMIS 4 serta dapat meningkatkan koordinasi dan komitmen para pengelola data EMIS Madrasah di seluruh wilayah Indonesia dalam rangka mensukseskan pelaksanaan updating data EMIS Madrasah Tahun Pelajaran 2022/2023.

"Sehingga dapat menciptakan sinergitas, kerjasama dan kesepahaman para User Champion EMIS Madrasah dalam mewujudkan data EMIS Madrasah yang semakin berkualitas dan dapat diandalkan," harapnya.

Turut hadir dalam pembukaan kegiatan ini, Koordinator Bagian Data Sistem Informasi dan Humas Mizan Sya'roni, perwakilan dari World Bank Shinsaku Nomura dan Achim Schmillen serta Kabid Penmad Kanwil Kemenag Sumsel Abdul Gaffar.