Torehkan Prestasi Membanggakan LP2M IAIN Pontianak Gelar KKL Award dan Launching Buku

Torehkan Prestasi Membanggakan LP2M IAIN Pontianak Gelar KKL Award dan Launching Buku

Pontianak (Pendis)- Membanggakan! Kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) DR IAIN Pontianak Tahun 2020 menorehkan prestasi baru dengan menerbitkan 40 buku dan menghasilkan ribuan video berisi ajakan mematuhi protokol kesehatan new normal, sosialisasi penyuluhan bahaya Covid-19, bakti sosial kemasyarakatan, dan program pengabdian masyarakat lainnya. Sebagai bentuk rasa syukur atas pencapaian hebat ini, LP2M IAIN Pontianak akan menyelenggarakan kegiatan KKL Award dan Launching Buku KKL 2020, Senin (22/3) bertempat di Auditorium Syeikh Abdul Rani Machmud. Acara ini rencananya akan dihadiri langsung oleh Rektor IAIN Pontianak beserta para Wakil Rektor, Kepala Biro AUAK, Ketua Lembaga Penjamin Mutu, dan Kepala Perpustakaan IAIN Pontianak. 
Ketua LP2M IAIN Pontianak, Sukardi menjelaskan sebagai sebuah kegiatan baru yang terimbas pandemi Covid-19, kegiatan ini mengalami perbedaan mendasar dibandingkan KKL yang biasa dilaksanakan. Kegiatan-kegiatan mahasiswa menyesuaikan dengan situasi dan kondisi lapangan, khususnya setelah munculnya Surat Edaran dari Dirjen Diktis Kemenag RI tentang kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang diselenggarakan LP2M IAIN Pontianak. 

Menurutnya, dibandingkan dengan kegiatan KKL Integratif, kegiatan KKL-DR tahun 2020 menekankan pada: Pertama, kegiatan dilaksanakan oleh mahasiswa di rumah saja. Interaksi dengan kelompok dan masyarakat sasaran dilakukan seminimal mungkin. Kedua, kegiatan lebih banyak dilakukan memanfaatkan platform media dan online.

“Dengan hadirnya buku dan video karya peserta KKL-DR 2020 ini semoga dapat memberi wawasan informasi tentang kegiatan lapangan (bakti sosial), relawan desa, sosialisasi protokol kesehatan new normal selama masa pandemi Covid-19. Tentu karya ini masih sangat jauh dari kata sempurna. Oleh karenanya diperlukan masukan dan saran yang positif agar karya ini dapat dinikmati dengan baik oleh pembaca maupun penonton. Terima kasih kami ucapkan kepada semua pihak yang terlibat dalam penyusunan buku dan video ini. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kesehatan, kesejahteraan, kebahagiaan dunia dan akhirat,” ungkapnya.


Tags: