Siswi MAN 1 Grobogan Elyas Satya Purbasari juara terbaik 3 pada Lomba Cipta Cerpen yang diselenggarakan oleh PT. Cheary Cat Publisher

Siswi MAN 1 Grobogan Elyas Satya Purbasari juara terbaik 3 pada Lomba Cipta Cerpen yang diselenggarakan oleh PT. Cheary Cat Publisher

Grobogan (Pendis) - Callyn Trip atau Perjalanan Callyn adalah judul Cerita Pendek yang ditulis oleh Elyas Satya Purbasari, siswi kelas X MIPA 2 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Grobogan Jawa Tengah.  

Callyn Trip adalah cerpen imaginatif Elyas tentang seorang anak yang bernama Callyn  Charlotte Herbert. Callyn anak seorang ilmuan bernama Gavin Earnest Herbert. Ilmuan yang menciptakan alat-alat yang tak biasa. Alat inilah yang mengantar Callyn masuk ke dunia hayalan, sebuah kerajaan dengan istana yang megah, Raja dan Pangeran yang baik kepadanya. Di kerajaan inilah terjadi sebuah petualangan di antara Callyn, Pangeran dan sejumlah teman-temannya bermula. 

Cerpen yang ditulis Elyas ini diikutkan pada Lomba Cipta Cerpen yang diselenggarakan oleh PT. Cheary Cat Publisher yang berkantor di Banten. Kegiatan ini yang digelar secara nasional sejak 7 Oktober sampai 7 Desember 2022 diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai sekolah di Indonesia secara online. Pada 10 Maret lalu, diumumkan bahwa Elyas Satya Purbasari meraih juara terbaik ke-3 pada Lomba Cipta Cerpen.  

“Alhamdulillah saya mendapat juara ke-3. Saya tidak menyangka bisa mendapatkan juara. Saya memang suka puisi, cerpen dan novel. Biasanya, kalau saya menulis cerpen dan saya ikutsertakan lomba, seringkali tidak juara tiga besar. Biasanya ya terpilih menjadi 50 Cerpen terbaik. Tapi yang ini kok terpilih 3 besar. Alhamdulillah,” jelas Elyas, siswi  kelahiran 2007 itu.

Bercita-cita jadi penulis

Anak dari pasangan Purnomo dan Yasmini ini mengaku bahwa prestasinya ini tidak terlepas dari dukungan kedua orangtua dan juga guru pembimbingnya. 

“Orangtua saya selalu membelikan buku-buku cerpen dan novel untuk menambah khazanah bacaan saya. Saya juga didampingi Sri Penny, guru Sastra di MAN 1 Grobogan untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan tulisan saya,” ujar Elyas, siswi MAN 1 Grobogan yang bercita-cita menjadi penulis.
 
Sebagai peserta dan juara ke-3 Lomba Cipta Cerpen ini, Elyas mendapatkan piala, sertifikat, slempang kejuaraan dan merchandise lainnya. Cerpen dengan judul Callyn Trip ini akan dibukukan dalam buku Antologi Cerpen berjudul Satu Kasih Seribu Kisah.[hamam]