UIN Ar-Raniry Banda Aceh dan Zarqa University Jordan Jalin Kerja Sama Internasional Menuju World Class University

UIN Ar-Raniry Banda Aceh dan Zarqa University Jordan Jalin Kerja Sama Internasional Menuju World Class University

Palembang (Pendis) --- Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh terus berkomitmen untuk memperluas jaringan internasional dan memperkuat kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi kelas dunia. Langkah ini diambil dalam upaya menuju status universitas kelas dunia atau World Class University (WCU).

Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama UIN Ar-Raniry, Prof Saifullah Idris, menyatakan bahwa UIN Ar-Raniry bersama 53 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) lainnya telah melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) secara serentak dengan Zarqa University Jordan. Acara tersebut berlangsung di Auditorium UPT Perpustakaan UIN Raden Fatah, Palembang, Selasa (23/01/24).

Warek III menjelaskan bahwa di bawah kepemimpinan Rektor Mujiburrahman UIN Ar-Raniry Banda Aceh berhasil meraih peringkat akreditasi unggul dari BAN-PT pada tahun 2023. Selanjutnya, universitas ini berkomitmen untuk aktif dalam peringkat perguruan tinggi skala internasional di masa depan.

"Kerjasama Internasional ini merupakan keharusan bagi UIN Ar-Raniry untuk mempertahankan prestasi dan bagian dari persiapan menuju World Class University," ungkapnya, didampingi Karo AAKK UIN Ar-Raniry, Mirwan Fasta.

Saifullah menegaskan bahwa kerja sama internasional merupakan aspek yang sangat penting, sejajar dengan aspek-aspek lain yang menjadi tuntutan berbagai lembaga akreditasi baik di tingkat nasional maupun internasional.

Lebih jauh, Saifullah menyatakan bahwa kolaborasi ini menjadi fokus utama untuk pengembangan mutu UIN Ar-Raniry di masa depan. Meskipun sebelumnya telah melakukan sejumlah MoU dengan berbagai kampus terkemuka di kawasan ASEAN dan di berbagai belahan dunia seperti Amerika Serikat, Kanada, Eropa, Australia, dan Timur Tengah.

Dengan terjalinnya kerjasama bersama Zarqa University Jordan, UIN Ar-Raniry membuktikan statusnya sebagai kampus yang dianggap penting oleh institusi luar negeri.

"Kami berharap MoU ini akan menghasilkan berbagai tindak lanjut yang bermanfaat. Kami juga mengajak semua pihak di UIN Ar-Raniry untuk segera melibatkan diri dalam berbagai program strategis sesuai visi dan misi universitas," tandasnya.

Presiden Zarqa University, Nidal Al Ramahi, menyampaikan rasa terima kasih atas sambutan yang luar biasa. Zarqa University merasa senang dapat menjalin kerjasama dengan 54 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri di seluruh Indonesia. "Ini sungguh luar biasa, dapat menjalin kerjasama secara serentak dengan 54 PTKIN se-Indonesia dalam satu hari," ujarnya. [ ]