UIN Datokarama Palu-Universitas Siliwangi Kerjasama Kembangkan Jurnal Ilmiah

UIN Datokarama Palu-Universitas Siliwangi Kerjasama Kembangkan Jurnal Ilmiah

Palu (Pendis) - Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Sulawesi Tengah, menjalin kerja sama dengan Universitas Siliwangi (Unsil) Tasikmalaya, Jawa Barat. Wakil Rektor Bidang Kerja Sama UIN Datokarama Palu Mohamad Idhan mengungkapkan, kerja sama ini merupakan paket kesepahaman dalam hal optimalisasi penerapan dan pengembangan tri dharma perguruan tinggi meliputi pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat, yang salah satunya mengenai peningkatan mutu jurnal ilmiah.

Kerja sama dua perguruan tinggi tersebut ditandai dengan penandatangan nota kesepahaman yang dilakukan oleh Rektor UIN Datokarama Palu Mohamad Idhan dan Rektor Universitas Siliwangi Supratman, berlangsung di UIN Datokarama Palu, Senin (20/12/2021).

Nota kesepahaman tersebut langsung ditindaklanjuti dengan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat (LP2M) UIN Datokarama dengan LP2M-Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP) Unsil.

"Kerjasama ini ruang lingkupnya juga meliputi penyelenggaraan pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat,dan pelatihan," kata Idhan.

UIN Datokarama dan Universitas Siliwangi, melalui kerjasama ini sepakat menyelenggarakan riset secara kolaborasi dan publikasi ilmiah, serta pengembangan sumber daya.

Di samping itu juga menyelenggarakan kegiatan-kegiatan ilmiah, kajian, dan seminar serta lokakarya bersama. "Lewat kerja sama ini akan dioptimalkan peningkatan dan pengembangan kompetensi sumber daya manusia dan kegiatan lain yang mendukung," ujar Idhan. Dengan kerja sama itu para pihak sepakat saling mendukung dalam pengelolaan dan peningkatan kualitas mutu dan akreditasi jurnal ilmiah.

Berkaitan dengan itu Ketua LP2M-PMP Universitas Siliwangi, Supratman, mengemukakan kerja sama ini untuk kolaborasi penelitian dan pengabdian masyarakat. "UIN Datokarama Palu mitra strategis yang potensial untuk pengembangan jurnal ilmiah dan hasil riset para akademisi," kata Supratman.

Ia juga mengemukakan bahwa kerja sama ini saling mengkolaborasikan para dosen yang tidak hanya melakukan riset dan publikasi ilmiah, tetapi juga pelibatan dalam kegiatan-kegiatan konferensi internasional.


Tags: # PTKIN