Sesi Foto bersama

Sesi Foto bersama

(iainfmpapua.ac.id) – Wakil Menteri Agama (Wamenag) Republik Indonesia, Dr. K.H. Zainut Tauhid Sa`adi, M.Si menyampaikan kuliah umum di aula kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua, Jalan Merah Putih, Buper Waena Kota Jayapura, 8 Maret 2023.

Dalam kesempatan tersebut, Wamenag memberikan materi tentang pentingnya penguatan moderasi beragama di semua kalangan, khususnya sivitas akademik perguruan tinggi. “Indonesia sangatlah luas, dari Aceh hingga Papua yang mana terdiri dari 1340 suku bangsa dan 700 lebih bahasa daerah,” tuturnya di hadapan mahasiswa IAIN Fattahul Muluk Papua. Keragaman adat istiadat, suku, budaya, dan agama ini menjadikan Bangsa Indonesia perlu penguatan moderasi dalam beragama untuk menciptakan harmonisasi berkehidupan di masyarakat.

“Jayapura ini sangat indah, ada sungai, gunung, laut, danau, bukit semua lengkap ada di Kota Jayapura, alamnya yang sangat indah memiliki keunikan sendiri,” ungkapnya. Dengan masyarakat yang juga beragam, maka seluruh pihak harus selalu menjaga dan memupuk toleransi antar umat beragama.

Dalam sambutan sebelumnya, Rektor IAIN Fattahul Muluk Papua, Dr. H. Marwan Sileuw, S.Ag, M.Pd merasa terhormat atas kedatangan Wamenag beserta jajaran. “Lahirnya IAIN Fattahul Muluk Papua di tengah-tengah masyarakat saat ini dilandaskan oleh adanya moderasi beragama,” urainya. Saat itu, lanjutnya, seluruh umat bersama-sama membangun Sekolah Tinggi Ilmu Sosial, yang kemudian berubah menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam. “Lalu berkembang lagi menjadi STAIN, dan saat ini telah menjadi IAIN,” paparnya. Rektor meminta dukungan seluruh jajaran Kementerian Agama agar kampus IAIN Fattahul Muluk Papua dapat beralih status menjadi universitas Islam negeri satu-satunya di tanah Papua di masa yang akan datang.

Kuliah Umum bersama Wakil Menteri Agama RI ini bertema ‘Penguatan Moderasi Beragama Sebagai Komitmen Kebangsaan Untuk NKRI’. Kegiatan ini dihadiri para pejabat eselon I Kementerian Agama, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Papua, Sekretaris Daerah Kota Jayapura, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Jayapura, Kepala Balai Diklat Keagamaan Papua, para pejabat, dosen, staff, serta para mahasiswa di lingkungan IAIN Fattahul Muluk Papua. (*)