Ditjen Pendidikan Islam Lakukan Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi

Sabtu, 23 Februari 2013 15:13 WIB
Pendis

Ditjen Pendidikan Islam Lakukan Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi

Pendis - Reformasi Birokrasi menjadi tuntutan wajib bagi Direktorat Jenderal Pendidikan Islam untuk menyelenggarakan tata pemerintahan yang bersih, sehat dan profesional demi meningkatkan pelayanan prima kepada masyarakat.


Sebagai entitas Kementerian/Lembaga Negara, Kementerian Agama RI memiliki kewajiban untuk menerapkan standar penyelenggaraan negara yang bersih, sehat dan professional. Dalam kerangka Reformasi Birokrasi, Kementerian Agama RI juga diharuskan memperbaiki sistem dan kinerja organisasinya dengan membenahi keseluruhan sistem yang dianggap masih kurang sempurna, hal tersebut dilakukan demi memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.


Ditjen Pendidikan Islam yang memiliki tanggung jawab besar dalam ranah Pendidikan Islam dan berada di bawah naungan Kementerian Agama juga sudah sepatutnya mengandalkan perbaikan di segala lini secara kontinyu untuk mampu mencapai target-target pembangunan yang telah ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).


Sekretaris Ditjen Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama RI, Prof. Dr. Phil. H. Kamaruddin Amin, MA beserta jajarannya, Rabu (20/2) menggelar rapat kordinasi dengan Kementerian PAN dan RB terkait Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB). Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB) dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik, good governance, dan clear goverment.


Pada kesempatan rapat kordinasi tersebut yang dilaksanakan ruang sidang Ditjen Pendidikan Islam ini hadir pula Kepala Biro Organisasi dan Tata Laksana (Ortala) Kementerian Agama RI, H. Syahman Sitompul. Beliau menghimbau agar masing-masing unit eselon satu membentuk tim kelompok kerja atau tim reformasi birokrasi , dimana tim bertugas mempersiapkan seluk-beluk hal yang berkaitan dengan Reformasi Birokrasi. Hasil tim yang berupa dokumen terkait pokja kemudian dikumpulkan dan dilengkapi dengan soft copy yang dibutuhkan. Selain itu, Syahman juga menambahkan supaya dibentuk juga tim manjemen perubahan yang hakikatnya untuk merubah mind-set dan culture-set seluruh pegawai baik pelaksana maupun pejabat.


Dalam penyampaian materinya, Karo Ortala mensosialisasikan mekanisme penggunaan aplikasi PMPRB beserta penjelasan fitur-fitur yang ada di aplikasi tersebut. Untuk pelaksanaan secara teknis, beliau menyarankan supaya dikerjakan secara off-line terlebih dahulu dan dikordinasikan kepada masing-masing pokja tentang penyerahan berkas ke operator. Di dalam satu tingkat Direktorat Jenderal hanya ada satu pejabat yang diberikan kewenangan secara online yakni assesor (Sekretaris Ditjen Pendidikan Islam). Dengan adanya aplikasi PMPRB ini diharapkan pelaksanaan Reformasi Birokrasi bisa melakukan percepatan dan penyempurnaan.

(sya/ar/ra)

Tags:

Bagikan:







Pendis
SIMPATIKA

Sistem Pendataan Informasi Tenaga Kependidikan

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah

Pendis
Selamat Datang di Portal PPID Kementerian Agama

Ini adalah website resmi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kementerian Agama Republik Indonesia.