Plt. Dirjen Pendidikan Islam, Abu Rokhmad (kedua dari kanan gambar) dan jajaran bersama perwakilan University of Adelaide

Plt. Dirjen Pendidikan Islam, Abu Rokhmad (kedua dari kanan gambar) dan jajaran bersama perwakilan University of Adelaide

Jakarta (Pendis) – Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI kembali menerima tamu dari universitas bereputasi dunia. Pada Rabu, 17 April kemarin, beberapa perwakilan University of Adelaide dari Australia mengajak Ditjen Pendidikan Islam untuk menjajaki kemungkinan untuk melakukan kolaborasi dengan Perguruan Tinggi Keagamaan (PTK) di Indonesia yang berada dibawah naungan Kementerian Agama.

“Kerjasama antar-universitas dan pemerintah menjadi salah satu peluang untuk optimalisasi alokasi dana pendidikan yang telah disediakan negara. Kesadaran kita untuk melindungi daya guna anggaran tersebut penting untuk memastikan keberhasilan kolaborasi yang efektif” ujar Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Abu Rokhmad.

Abu menekankan bahwa kerjasama kali ini harus konkrit dan segera terlaksana. Menurutnya, kolaborasi antara Universitas Adelaide dan Ditjen Pendidikan Islam ini merupakan salah satu langkah pendekatan tidak hanya akademis, namun juga kedekatan diplomasi antara Indonesia dengan Australia.

“Selain memberikan kesempatan untuk anak bangsa, guru serta dosen kita untuk menempuh pendidikan ke Adelaide, tentunya kita juga melihat adanya potensi untuk melakukan joint research. Hal ini dimaksudkan untuk menambah konteks penelitian khususnya pada bidang pendidikan Islam serta dapat menjadi penunjang untuk akreditasi” tutur guru besar UIN Walisongo Semarang ini.

Jessica Gallagher, Deputy Vice-Chancellor (External Engagement) dari Universitas Adelaide menyambut dengan baik maksud dari Dirjen Pendidikan Islam. Ia menjelaskan bahwa di Universitas Adelaide terdapat banyak school of education yang bisa memberikan ruang, baik pendidikan lanjutan double degree untuk program master dan doctoral serta riset gabungan dengan dosen atau peneliti dari PTK di Indonesia.

Hadir dalam pertemuan tersebut, Plt. Dirjen Pendidikan Islam, Abu Rokhmad, Sekretaris Ditjen Pendidikan Islam, Rohmat Mulyana Sapdi, Kasubdit Kelembagaan dan Kerjasama, Abdul Rouf beserta jajarannya. Dari Universitas Adelaide hadir Jessica Gallagher, Matthew White, Deputy Dean International, HMS Faculty, Lori Hocking, Executive Director on Education Transformation dan Victoria Bick, Executive Director on Global Engagement.