Kampus UNUSIA, Jakarta

Kampus UNUSIA, Jakarta

Jakarta (Pendis) --- Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (Unusia) resmi membuka program doktor jalur penelitian (by research). Program ini mulai dibuka pada Tahun Akademik 2024 ganjil.

“Program Doktor Jalur Penelitian (By Research) ini dirancang dengan titik tekan pada pelaksanaan penelitian dan publikasi karya ilmiah sebagai luaran, meskipun dimungkinkan mahasiswa mengambil beberapa mata kuliah secara sit in jika diperlukan,” ujar Fariz Alnizar, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Hubungan Masyarakat.

Disinggung soal pertimbangan pembukaan kuliah jalur penelitian (by Research) ini, Fariz menjelaskan bahwa program ini merupakan respons atas tingginya permintaan calon mahasiswa. 

“Sejak beberapa tahun belakangan, banyak calon mahasiswa program Doktor bertanya dan secara khusus berharap dibuka kuliah penelitian ini. Kami melakukan kajian, diskusi matang, dan persiapan-persiapan matang. Sehingga Alhamdulillah tahun ini kami bisa mewujudkannya,” jelas Fariz. 

Unusia merupakan satu-satunya Unuversitas di lingkungan Nahdlatul Ulama yang memiliki program studi Doktor dengan konsentrasi Islam Nusantara. Sejak mulai mendapatkan izin operasional tahun 2018, Unusia sudah berhasil menghasilkan beberapa Doktor kajian Islam Nusantara yang memiliki konsentrasi riset sejarah yang cukup beragam.

Selain menyelenggarakan program Doktor, Unusia juga memiliki program Pascasarjana Magister dengan konsentrasi yang sama, yakni Islam Nusantara. Program magister mendapatkan izin operasinal pada tahun 2013 dan sudah meluluskan pelbagai lulusan yang berasal dari dalam dan luar Negeri. Pada tahun 2023 ini, dua mahasiswa asal Tunisia berhasil menyelesaikan studi program magister di Unusia.

“Kami berharap program-program studi dengan pelbagai jalur perkuliahan di Unusia bisa menjadi pilihan tempat studi dan wahana pendidikan yang mendorong tumbuh kembang sumber daya manusia di lingkungan Nahdlatul Ulama juga Indonesia, dan sekaligus dapat mewarnai perdebatan akademik di level Internasional,” pungkas Fariz. 

Informasi lebih lanjut mengenai program doktor di Unusia dapat dilihat pada pmb.unusia.ac.id.