Ditjen Pendis Lakukan Sinkronisasi Penilaian Angka Keredit Guru Berbasis Online

Senin, 23 September 2019 00:00 WIB
Pendis

Ditjen Pendis Lakukan Sinkronisasi Penilaian Angka Keredit Guru Berbasis Online

Bogor (Pendis) - Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melalui Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah melakukan sinkronisasi penerapan sistem penilain angka kredit guru secara electronic atau disebut e-PAK dengan e-DUPAK (electronic Daftar Usulan Penilaian Angka Kredit).

Direktur GTK MadrasahSuyitno, berharap untuk tahun depan penialaian angka kredit guru dapat dilakukan secara online atau electronic. Menurutnya, banyaknya berkas penilaian secara manual sangat melelahkan dan sudah saatnya kita lakukan penilain dengan system atau online.

"Dengan system online pelayanan ini bisa cepat dan akurat, semua guru akan terlayani dengan baik," tutur Suyitno saat menghadiri Forum Group Discussion (FGD) singkronisasi Penilaian Angaka Kredit Guru di Bogor, Jumat (20/09).

Dikatakan Suyitno, melalui system singkronisasi e-DUPAK yang dimiliki oleh Biro Kepegawaian dan e-PAK RUPAWAN (eletronik Penilaian Angka Kredit guRU Pengawas Negeri ) diharapakan meminimalisir berkas yang hilang, tercecer, dengan paperless, scan berkas dokumen pengajuan berkas lebih aman lebih terlayani, tidak ada berkas yang hilang.

Suyitno menambahkan, sistem ini sebenarnya merespon dunia Industry 4.0 semuanya tersistem dan digitalisasi. Silahkan lakukan koordinasi dengan Biro Kepegawaian yang penerimaan berkas pengajuan kenaikan pangkat. "Direktorat GTK Madrasah menjadi bagian dari proses penilaian ini, sehingga sangat penting senergitas dan sinkronisasi terkait data dan berkas penilaian yang akan disingkronkan, secara online atau electronic," sambungnya.

Kasubdit Bina GTK RA Siti Sakdiyah, mengatakan dengan sinergi perancangan e- Dupak dan e-PAK RUPAWAN yang dirancangan dan dikembangkan oleh Direktorat GTK Madrasah menjadikan satu integrasi untuk mengurai permasalahan Kenaikan Pangkat Guru dan Pengawas menjadi lebih efisien dan smart baik dalam pengusulan, penilaian maupun informasi lulus dan tidak lulusnya suatu usulan tersebut.

Hadir sebagai narasumber, Kasubbag Sistem dan Layanan Informasi Kepegawaian Biro Kepegawaian Yogie Pribadi, dan Kabag Asesmen dan Bina Pegawai Syahruddin.

Dalam FGD disepakati; petama, sistem aplikasi e-Dupak yang dikembangkan oleh Biro Kepegawaian berada dilingkup adminstratif kepegawaian meliputi dokumen-dokumen kepegawaian digital yang harus dipenuhi (SK kenaikan pangkat terakhir, SK jabatan terakhir, pendidikan terakhir, PAK terakhir dan SKP 2 tahun terakhir).

Kedua, semua data tersebut harus lengkap pada simpeg, ditambah dengan link url dari karya tulis / buku yg telah diupload pada cloud.

Selanjutnya, sistem e-PAK yang dikembangkan Direktorat GTK Madrasah berada pada lingkup teknis penilaian angka kredit guru dan pengawas yang outputnya adalah Surat Keputusan PAK, jika lulus dan surat penolakan jika tidak lulus. Kedua sistem diatas berkolaborasi dengan saling berkirim data data melalui API (Application Programming Interface) dari masing-masing sistem

FGD dihadiri oleh penilai PAK Puru/ Pengawas, tim Biro Sistem dan Layanan Informasi Kepegawaian Biro Kepegawaian dan Asessmen dan Biro Pegawas, pejabat di lingkungan Direktorat GTK Madrasah. (Herman/ M Yani)


Tags:

Bagikan:







Pendis
SIMPATIKA

Sistem Pendataan Informasi Tenaga Kependidikan

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah

Pendis
Selamat Datang di Portal PPID Kementerian Agama

Ini adalah website resmi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kementerian Agama Republik Indonesia.