Pembelajaran yang Memberdayakan ala Kurikulum Merdeka

Pendis
Anis Masykur Kontributor
Senin, 5 Juni 2023 21:29 WIB
Pendis

Anis Masykhur, Kasubdit Bina GTK MA/MAK saat mengawali sesi webinar GURU BERDZIKIR

Jakarta (Pendis) - "Pendidikan harus Memberdayakan, bukan Memperdayakan," begitu quote yang disampaikan Anis Masykhur, Kasubdit Bina GTK MA/MAK mengawali sesi webinar GURU BERDZIKIR (Berdizkusi Implementasi Kurikukulum Merdeka) Seri-3 (31/5). 

Quote pembuka tersebut disampaikan sebagai pemantik diskusi dengan tema "Pembelajaran Bermakna dalam Kurikulum Merdeka". Quote tersebut betul-betul menjadi stimulus diskusi selanjutnya. Ameliasari,Guru master dari MAN Salatiga menegaskan pentingnya para guru memahami pembelajaran yang bermakna ini. 

Sebenarnya sejak diterapkan kurikulum 2013, pembelajaran bermakna ini sudah digaungkan. "Kita lebih familiar dengan istilah pembelajaran abad 21 yang  menguatkan critical thinking, creative thinhking, collaborative dan cimmunicative--selanjutnya dikenal dengan 4C." ujarnya. 

Hal demikian juga ditegaskan oleh Dion Dinanto، Ph.D, Dosen UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi, yang juga salah satu anggota tim perumus Kurikulum Merdeka Kemendikbud. Menurutnya, penguatan 4C sangat penting dalam kurikulum merdeka.

Dengan mengutip konsep pendidikan Ki Hadjar Dewantara, bahwa pendidikan itu harus menuntun, menegaskan bahwa dalam pembelajaran seorang guru harus mampu menunjukkan model pembelajaran yang bermakna tersebut. Menurutnya, seorang guru itu ibarat seorang petani, yang ketika menanam tanaman agar fokus kepada tanamannya, bukan kepada alat-alatnya. 

"Begitu pula seorang guru. Rasa cintanya kepada peserta didik diharapkan dapat mendorong para pendidik untuk meningkatkan kompetensinya dalam berbagai hal, dengan harapan akan dapat menambah mereka makin pintar," jelas Dion menguraikan.

Model pembelajaran bermakna juga memiliki hubungan yang erat dengan mekanisme asesmennya. Untuk itu, kedua narasumber juga memperjelas pola assesmen yang mendukung model pembelajaran bermakna tersebut. 

"Assesmen dalam kurikulum merdeka tidak hanya dalam bentuk sumatif maupun formatif, namun juga asessmen diagnostik menjadi keharusan," terangnya.

Antusiasme para peserta webinar seri ke-3 ini cukup tinggi. 1000 Ruang zoom yang disediakan tidak mampu menampung keinginan para guru yang haus informasi akan  kurikulum merdeka.  Bahkan viewer live streaming melalui kanal youtube GTK Madrasah menjangkau ribuan pemirsa. 

Lutfi Ubaidillah, selaku moderator webinar GURU BERDZIKIR seri ini berharap antusiasme masyarakat pendidikan terhadap program ini bertahan sampai ke seri-8. "Saya berkeyakinan, para guru akan mendapati pemahaman yang utuh, jika mengikutinya sampai selesai," harapnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya bahwa webinar ini merupakan salah satu bentuk dalam mendiseminasikan kurikulum merdeka ini selain seminar, diskusi, atau kegiatan sejenisnya. (n15)


Bagikan:







Pendis
SIMPATIKA

Sistem Pendataan Informasi Tenaga Kependidikan

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah

Pendis
Selamat Datang di Portal PPID Kementerian Agama

Ini adalah website resmi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kementerian Agama Republik Indonesia.