Perbaikan Mutu Madrasah Swasta untuk Layanan Pendidikan Berkelanjutan

Jumat, 11 November 2022 17:51 WIB
Pendis

Papay (Kasubdit Kelembagaan, Direktorat KSKK Madrasah), Abdurrahman (Staf Khusus Menteri Agama R.I.)

Banten (Pendis) – Kontribusi Madrasah dalam membangun peradaban di dunia pendidikan dan pengembangan kualitas sumber daya manusia sangat kental dirasakan hingga saat ini, demikian pernyataan yang disampaiakan oleh Abdurrahman, staff khusus Menteri Agama dalam memberikan arahan dan membuka secara resmi kegiatan Konsinyering Pedoman Pendirian Madrasah Swasta yang dilaksanakan oleh Subdit Kelembagaan, Direktorat KSKK Madrasah pada Jum’at (11/11/2022) di Prov. Banten.

Kegiatan  dihadiri peserta dari kanwil, kepala madrasah, Kankemenag kabupaten/kota di unit wilayah Banten tersebut diselenggarakan untuk mengakomodir peserta dalam menyampaikan saran dan masukan dalam mengembangkan dan meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan di Madrasah negeri maupun swasta pada setiap jenjangnya, mengingat kebutuhan masyarakat terhadap akses pendidikan yang berbasis keagamaan sangat tinggi.

"Jumlah madrasah yang berada dibawah Kementerian Agama saat ini yang berstatus swasta lebih besar jumlahnya dibandingkan dengan madrasah negeri. Hal ini berbanding terbalik dengan sekolah umum yang berada dibawah binaan Kemendikbudristek,"ujar Abdurrahman.

Menurutnya, ada satu sisi yang perlu diperhatikan bahwa banyak Madrasah saat ini yang memiliki kualitas dan prestasi lebih baik dibandingkan dengan sekolah umum, dan ini didasari bahwa Madrasah tidak hanya mengajarkan tentang ilmu pengetahuan saja, tetapi juga mendidik nilai-nilai keagamaan yang mampu menghasilkan kualitas peserta didik yang baik sesuai harapan dan cita-cita bangsa, ucapnya.

Lebih lanjut dikatakan bahwa madrasah yang memiliki rating terbaik dalam hal prestasi dan pelayanan pendidikan saat ini didominasi oleh Madrasah Negeri, hal ini menjadi sesuatu yang sangat lumrah apabila dilihat dari sisi pelayanan dan pemanfaatan sumber daya yg dimiliki oleh Madrasah negeri tersebut.

Abdurrahman mempertanyakan bagaimana dengan keadaan Madrasah yang bersatatus swasta? Tentunya hal ini yang menjadi tantangan tersendiri bagaimana seharusnya dilakukan elola-langkah yang tepat dalam perbaikan dan pembenahan tata kelola madrasah swasta dengan memanfaatkan sumber daya serta sarana dan prasarana yang ada. Sudah saatnya Madrasah Swasta berbenah diri untuk mempertegas esksistensinya dalam dunia pendidikan sehingga dapat berdiri sejajar dengan dengan Madrasah Negeri dan sekolah umum lainnya dalam hal prestasi dan mutu pelayanan pendidikan, demikian pungkas Abdurrahman dalam memberikan arahannya.

Mengakhiri arahannya Abdurrahman berharap bahwa merupakan tanggung jawab semua pihak turut serta bahu-membahu dalam menstimulasi terbangunnya budaya mutu pada Madrasah Swasta, mengingat saat ini Madrasah Swasta yang dimiliki oleh Kementerian Agama yaitu sebesar 92 persen dari total madrasah yang ada dengan jumlah kurang lebih 9 juta peserta didik. Madrasah Swasta harus memiliki kreatifitas dan daya inovasi. Dengan segala keterbatasan yang menjadi hambatan, mereka harus menggali sumberdaya yang mungkin dapat dimaksimalkan untuk memperkokoh eksistensinya. Sudah saatnya Madrasah Swasta membuka wawasan untuk memperbaiki kualitasnya dan diperkuat dengan dukungan regulasi sehingga pelayanan pendidikan di Madrasah Swasta dapat berjalan secara berkelanjutan.(By)


Bagikan:







Pendis
SIMPATIKA

Sistem Pendataan Informasi Tenaga Kependidikan

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah