Mahasantri Rumuskan Jawaban Persoalan Masyarakat Masa Kini pada Ajang Debat Qanun

Kamis, 13 Juli 2023 18:39 WIB
Pendis

Penampilan peserta Debat Qanun pada MQKN 2023

Lamongan (Pendis) –  Debat Qanun menjadi ajang yang cukup bergengsi pada Musabaqah Qira’atil Kutub Nasional (MQKN) 2023 yang digelar di Pondok Pesantren Sunan Drajat, Lamongan, Jawa Timur. 

Pasalnya, Debat Qanun ini menjadi panggung terbuka bagi mahasantri untuk saling lempar argumen baik pro maupun kontra terhadap tema yang kontekstual. Sehingga, ini bisa menjadi ajang mahasantri rumuskan jawaban atas persoalan masyarakat pada masa kini.

Salah satu dewan hakim Debat Qanun, Khamami Zada mengungkapkan cabang lomba Debat Qanun menantang mahasantri untuk bisa merumuskan semacam pemikiran bagaimana mereka merespons perkembangan baru di masyarakat.

"Sehingga nanti ketika lulus InsyaAllah bisa memberikan jawaban atas kegelisahan masyarakat di dalam soal soal baru yang dihadapi masyarakat,” ucap Khamami pada Kamis (13/7/2023).

Menurut Khamami, jalannya Debat Qanun untuk Ma’had Aly ini sangat kompetetif. Masing-masing kelompok itu menampilkan argumennya dengan baik dengan menggunakan dua pendekatan, yaitu pendekatan hukum dan dengan pendekatan syariat. Hal tersebut, menjadi pendekatan yang baru dan masing-masing kelompok mencoba membangun argumen sekaligus mematahkan argumen lawannya masing-masing.

Khamami menyebut, tema yang diangkat pada Debat Qanun ini adalah tema yang kontekstual sesuai perkambangan yang ada di Indonesia. “Jadi soal mata uang digital, soal dana haji, soal ganja untuk kepentingan medis dan beberapa tema lain. Itu adalah tema yang kontekstual,” katanya. 

Semua aspek, kata Khamami, dilihat satu persatu mulai dari isi materi substansi yang diperdebatkan dengan aspek logika berpikir. Dan yang paling penting adalah pada aspek isi ilogika berpikir dan unsur bahasa ini yang paling kuat atau paling besar nilainya. “Ini harus dipertimbangkan oleh para peserta,” katanya

Khamami menilai Debat Qanun ini menjadi hal yang menarik dan baik sekali bagi para mahasantri di Ma’had Aly. Karena pada Debat Qanun ini mahasantri bisa mengombinasikan antar pengetahuan-pengetahuan di bidang hukum perundang-undangan dengan syariat.
 
“Ini nantinya menjadi hukum islam yang kontekstual. Jadi tidak hanya berbasis pada hal-hal yang normatif dalam pengertian hukum sayariat tapi juga mencoba melihat pada aspek hukum negara,” tuturnya.

Khamami menyarankan supaya para mahasantri yang terlibat dalam Debat Qanun agar mereka mencoba  membangun dua perspektif yang sangat kuat. “Perspektif yang bukan hanya pada norma hukumnya, tetapi juga pada aspek filsafat hukumnya. Ini yang belum kelihatan,” ungkapnya.

Menurutnya, para mahasantri sudah sangat baik membangn perspektif filsafat hukum islamnya, itu sudah sangat banyak tapi untuk pendekatan filsafat hukumnya belum kelihatan.

“Jadi perlu dicari lagi bagaimana mengombinasikan antara filsafat hukum isalam dalam bentuk kaidah Ushul Fiqih dan juga filsafat hukum dalam pengertian umum,” jelasnya.

Salah satu peserta Debat Qanun yang berasal dari Ma’had Aly Pondok Pesantren Al-Falah Ploso, Kediri, Jawa Timur, Muhammad Nazal Furqony mengungkapkan dirinya lega setelah selesai Debat Qanun pada sesinya. “Perasaan saya lega tapi masih ada yang kurang sreg karena kami masih merasa banyak poin yang belum kami sampaikan karena keterbatasan waktu,” katanya. 

Lebih lanjut dia mengungkapkan bahwa Debat Qanun ini menjadikan dia dan rekannya  semangat untuk belajar. “Kami mengamalkan semangat belajar karena belajar adalah jalan terbaik menuju tuhan,” ujarnya.

Nazal menyatakan tema yang diperdebatkan sudah diberitahukan semuanya. Dari semua tema tersebut, lanjut dia, dipersiapkan oleh timnya dari sisi pro maupun kontranya. “Kedua argumen dari sisi persiapan argumen dari ulama-ulama salafnya kita siapkan,” tukasnya.

Selain itu, untuk pendukung dari sisi umum Nazal beserta timnya menyiapkan artikel dari website, atau berita untuk kita kontekstualisasi dengan masalah yang ada.  

“Di Al Falah Ploso, kami belajarnya dengan perbandingan madzhab. Jadi dari 4 madzhab itu kita kaji semua. Madzhab Syafi’i, Hambali, Maliki dan Hanafi. Khusus Madzhab Syafi’i karena itu yang banyak dianut sebagian besar orang di Indonesia maka itu dimusyawarahkan di pagi hari setiap hari. Kalau untuk madzhab lain, kata dia, itu dibagi di malam harinya dan hanya dipelajari inti intinya saja,” jelasnya. 

Mengenai keseharian untuk kontekstualisasi kehidupan masa kini, katanya, di pesantren ada ekstrakurikuler batsul masail yang mana dibiasakan sebagai santri harus bisa solutif bagi masyarakat tentang permasalahan yang terjadi dimasa kini. 

“Jadi untuk debat Qanun ini tidak jauh berbeda dengan batshul masail yang kami lakukan,” pungkasnya. 


Bagikan:







Pendis
SIMPATIKA

Sistem Pendataan Informasi Tenaga Kependidikan

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah