FTK UINAR Gelar Workshop Etos Kerja dan Pelayanan Prima

Selasa, 8 Agustus 2023 17:10 WIB
Pendis

workshop etos kerja dan pelayanan prima dalam lingkup akademik dan umum

Banda Aceh (Pendis)--Dekan Fakultas Tarbiyah dan keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh, menggelar kegiatan workshop etos kerja dan pelayanan prima dalam lingkup akademik dan umum. Kegiatan tersebut dibuka oleh Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh yang diwakili oleh Dekan FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Prof Safrul Muluk, SAg MA PhD. Selasa (8 Agustus 2023).

Dalam kesempatan tersebut, Prof Safrul menyampaikan pesan dan amanat Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh, menyebutkan bahwa dalam mewujudkan setiap kegiatan di lingkungan perkantoran terdapat tanggung jawab Dekan, Wakil Dekan, Ketua Prodi, Sekretaris Prodi, Dosen, Tendik, dan Operator terhadap ketepatan waktu selesai kuliah mahasiswa.

“Untuk mewujudkan seluruh ekspektasi tersebut dibutuhkan, etos kerja yang baik dari seluruh civitas akademika UIN Ar-Raniry Banda Aceh dalam memberikan kualitas pelayanan terbaik mereka kepada seluruh stakeholders,” ujarnya.

Kegiatan tersebut kata Dekan, merupakan realisasi kerjasama FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh dengan Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Kajian Hukum Administrasi Negara.

“Kami mengundang dua orang narasumber dari LAN RI Aceh untuk menyampaikan materi kegiatan yang erat kaitannya dengan kondisi etos kerja dan pelayanan publik saat ini. Kegiatan workshop etos kerja dan pelayanan prima dalam lingkup akademik dan umum bertujuan untuk meningkatkan semangat kerja civitas akademika UIN Ar-Raniry Banda Aceh, khususnya di lingkungan FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh,” kata Safrul.

Di samping itu, Profesor Safrul Muluk mengungkapkan, setelah mengikuti kegiatan workshop ini seluruh dosen, tendik, dan pegawai di lingkungan FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh memiliki kesamaan persepsi untuk mewujudkan visi misi FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh menuju predikat unggul di tahun mendatang.

Sejatinya, untuk mewujudkan etos kerja dalam bentuk exellence service dibutuhkan sejumlah pemahaman yang baik bagi seluruh ASN terkait dengan elemen penting yang harus ada dalam prinsip pelayanan, di antaranya, sikap, kemampuan, perhatian, tindakan, tanggung jawab, penampilan, dan simpati.

Lebih lanjut, bila setiap komponen tersebut sudah tertanam dalam diri ASN, menurut Safrul, maka lahirlah etos kerja yang baik di lingkungan kerja yang siap melayani pelanggan tanpa kekhawatiran. Di antara materi lainnya yang disampaikan dalam worskhop tersebut, organisasi itu ibaratnya seperti sebuah pohon besar dengan sasaran utama untuk dapat memanenkan buah yang manis dan banyak.

“Salah satu komponen yang harus dijaga dan dipertimbangkan adalah merawat akar pohon tersebut sehingga menghasilkan nutrisi yang baik pada buahnya. Kondisi tersebut, mengilustrasikan bahwa organisasi tersebut akan melahirkan output yang baik dilihat dari aspek produktivitas lembaga atau organisasi pendidikan yang telah dihasilkan”.

Kegiatan workshop yang diikuti oleh seluruh dosen, seluruh Ketua Prodi dan Sekretaris Prodi, Operator Prodi, dan Tenaga Kependidikan di lingkungan FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh ini diharapkan dapat menciptakan perubahan yang signifikan di lingkungan kerja khususnya pada bagian akademik dan umum dalam rangka meningkatkan pencapaian akreditasi unggulan di tingkat Unit Pengelola Program Studi (UPPS) dan akreditasi internasional pada sejumlah Prodi di lingkungan FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Demikian kata Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum, Perencanaan Akuntansi dan Keuangan, Samsul Kamal.

“Kegiatan workshop tersebut sejatinya mampu menghidupkan semangat kerja yang berbasis kekeluargaan dalam lingkungan kerja. Ketika semangat kerja ASN sudah berlandaskan pada keinginan untuk melayani, maka pekerjaan yang realitasnya berat akan terasa ringan bila dilakukan dengan keikhlasan dan ketulusan secara profesional dan penuh tanggung jawab,” pungkasnya.


Tags:

#FTK #SDM

Bagikan:







Pendis
EMIS

GERBANG DATA PENDIDIKAN KEMENTERIAN AGAMA

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah

Pendis
Selamat Datang di Portal PPID Kementerian Agama

Ini adalah website resmi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kementerian Agama Republik Indonesia.

Pendis
SIMPATIKA

Portal Layanan SIMPATIKA KEMENAG