Peningkatan Kualifikasi dan Kepangkatan Dosen Universitas Ma'arif Lampung : Langkah Nyata Menuju Peningkatan Kapasitas Kelembagaan

Sabtu, 12 April 2025 09:39 WIB
Pendis

Peningkatan Kualifikasi dan Kepangkatan Dosen Universitas Ma'arif Lampung : Langkah Nyata Menuju Peningkatan Kapasitas Kelembagaan

Universitas Ma'arif Lampung (UMALA) terus melangkah maju dalam upaya memperkuat kapasitas kelembagaan melalui peningkatan kualifikasi dan kepangkatan dosen tetap. Sebanyak 9 dosen dari universitas ini berhasil meraih jabatan akademik Lektor Kepala, yang bukan hanya mencerminkan pencapaian individual tetapi juga merupakan langkah strategis dalam memperkuat posisi universitas dalam dunia pendidikan tinggi.

Para dosen yang telah meraih jabatan Lektor Kepala adalah sebagai berikut:

  • Dr. H. Mispani, M.Pd.I (Program Pascasarjana S2 Pendidikan Agama Islam )

  • Dr. Agus Setiawan, M.H.I (Program Pascasarjana S2 Hukum Keluarga Islam )

  • Dr. A. Muslimin, Lc., M.H.I (Program Pascasarjana S2 Hukum Keluarga Islam )

  • Dr. Muhammad Yusuf, M.Pd.I (Program Pascasarjana S2 Manajemen Pend.  Islam )

  • Dr. Jaenullah, M.Pd (Program Pascasarjana S2 Pendidikan Agama Islam )

  • Dr. Muhammad Syaifullah, M.Pd.I (Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Arab )

  • Dr. Muhammad Agus Mushodiq (Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Arab)

  • Dr. Habib Shulton Asnawi, S.H., S.H.I.,M.H (Program Studi S1 Hukum Keluarga Islam )

  • Hanif Amrulloh ZA, M.Si (Program Studi S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah)

Lektor Kepala merupakan jenjang akademik yang sangat penting dalam karir seorang dosen, yang tidak hanya menunjukkan pengakuan terhadap kualitas pengajaran dan penelitian mereka, tetapi juga berperan sebagai jembatan menuju pencapaian Guru Besar. Jabatan ini memegang peranan penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan, riset, serta pengabdian kepada masyarakat di perguruan tinggi.

 

Keberadaan Lektor Kepala di UMALA merupakan wujud nyata upaya tercapainya visi universitas yakni Unggul, Berwawasan Global dan Berkarakter Islam Ahlussunnah Wal Jama'Ah An-Nahdliyyah. Visi tersebut tercermin dari komitmen universitas dalam menghasilkan lulusan yang tidak hanya kompeten dalam bidang akademik, tetapi juga memiliki integritas moral dan karakter yang kuat, serta mampu bersaing di tingkat global. Dengan meningkatkan kualifikasi dan kepangkatan dosen, UMALA berupaya meneguhkan dirinya sebagai lembaga pendidikan yang mampu mencetak sumber daya manusia berkualitas yang berwawasan global namun tetap berakar pada nilai-nilai Islam yang moderat dan seimbang. "Pencapaian ini adalah bukti komitmen kami dalam meningkatkan kualitas pengajaran dan penelitian. Semakin banyaknya dosen yang mencapai jabatan Lektor Kepala menunjukkan bahwa UMALA siap bersaing di tingkat global dengan tetap berpegang pada nilai-nilai Islam Ahlussunnah Wal Jama'ah."  tegas Rektor UMALA Dr. Mispani, M.Pd.I.

 

Universitas Ma'arif Lampung kini juga tercatat sebagai perguruan tinggi dengan jumlah Lektor Kepala terbanyak di wilayah Kopertais XV. Hal ini menegaskan peran dan komitmen UMALA dalam peningkatan kualitas dosen di wilayah tersebut. Jenjang Lektor Kepala juga merupakan gerbang dan langkah awal UMALA untuk memiliki Guru Besar. Dengan adanya pencapaian ini, diharapkan seluruh civitas akademika UMALA semakin termotivasi untuk terus berkembang, baik dalam aspek profesional maupun karakter. UMALA berkomitmen untuk terus bertransformasi, membangun lingkungan akademik yang kondusif, dan menyediakan sumber daya yang mampu mendukung pengembangan dosen serta mencetak generasi penerus yang unggul, berkarakter, dan siap bersaing di dunia internasional.


Tags:

PTKIS

Bagikan:







Pendis
EMIS

GERBANG DATA PENDIDIKAN KEMENTERIAN AGAMA

Pendis
PPG Daljab Kemenag

Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan Kemenag RI

Pendis
SPAN PTKIN 2025

Penerimaan Mahasiswa Baru PTKIN 2025

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah

Pendis
Selamat Datang di Portal PPID Kementerian Agama

Ini adalah website resmi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kementerian Agama Republik Indonesia.

Pendis
SIMPATIKA

Portal Layanan SIMPATIKA KEMENAG

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan