Tingkatkan Mutu, LPM UIN Raden Intan Digitalisasi Instrumen Survei Kepuasan

Pendis
Hayatul Islam Kontributor
Selasa, 6 September 2022 17:58 WIB
Pendis

Ketua LPM UIN Raden Intan (kiri) dan Narasumber dalam acara Standarisasi, Digitalisasi dan Sosialisasi Intrumen Survei Kepuasan Layanan

Bandar Lampung  - Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) selenggarakan Standarisasi, Digitalisasi dan Sosialisasi Instrumen Survei Kepuasan Layanan Institusi UIN Raden Intan Lampung (RIL) di Meeting Room Gedung Academic & Research Center, Selasa (06/09/2022).

Setelah melakukan sosialisasi akreditasi internasional beberapa waktu silam, kini LPM kembali menyahuti salah satu 3 aspek program rektor, yakni digitalisasi.

“Digitalisasi instrumen survey ini merupakan kegiatan yang sangat penting, disamping untuk merespon kebutuhan akreditasi Lembaga, hal ini juga untuk merespon secara serius platform digitalisasi yang menjadi fokus pimpinan,” demikian dijelaskan Dr Sudarman MAg, Ketua LPM UIN RIL saat membuka acara yang akan berlangsung selama 2 hari ini.

“Kami bertekad pada akhir semester ini, di bulan November, seluruh survei dan pengukuran untuk berbagai keperluan di UIN RIL, tidak ada yang manual dan semuanya terintegrasi di LPM UIN RIL,” katanya.

Dia menjelaskan, melalui kegiatan ini akan memfinalisasikan instrumen survei yang berjumlah 33 dan akan segera digitalisasikan bersama tim PTIPD. “Mengapa ini kita lakukan? Supaya seluruh kegiatan survei, pengukuran dan evaluasi bisa kita lakukan secara cepat, mudah, akurat dan handal,” sambungnya.

Selain itu, dengan digitalisasi, tidak membutuhkan waktu yang lebih lama, analisis menjadi tidak rumit, namun akan lebih simple dengan hasil yang akurat.

Ketua panitia kegiatan serta selaku Kepala Pusat (Kapus) Pendampingan dan Pengembangan Mutu Mahasiswa, Syafrimen MEd PhD, mengatakan bahwa 33 instrumen survei yang akan dilahirkan terdiri dari 10 instrumen yang disusun berdasarkan Standar Nasional Perguruan Tinggi (SN Dikti) dan 23 instrumen survei terhadap kepuasan layanan semua unit kerja yang ada di lingkungan UIN RIL.

Kegiatan ini berjalan cukup panjang, tuturnya, dimulai dari 29 Agustus 2022 untuk menyiapkan draf instrumen survei oleh tim kecil dan tim gugus mutu, standarisasi instrumen survei oleh pakar internal dan eksternal pada 6-7 September ini, proses digitalisasi pada 20-21 September, serta sosialisasi dan edukasi penggunaan instrumen survei dalam aplikasi survey.radenintan.ac.id yang akan dilaksanakan pada 26-27 September mendatang (tentatif) bersamaan dengan Launching aplikasi survey.

Narasumber Standarisasi Instrumen menghadirkan Prof Dr Undang Rosidin MPd dari Universitas Lampung dan Dr Achi Rinaldi SSi MSi selaku narasumber internal UIN Raden Intan Lampung.

Turut hadir jajaran pimpinan LPM, Kapus Pengembangan Bisnis, Kapus Pengembangan Kewirausahaan dan Karir serta tim  gugus mutu fakultas/pasca.


Pendis

Bagikan:







Pendis
SIMPATIKA

Sistem Pendataan Informasi Tenaga Kependidikan

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah