Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah M Sidik Sisdianto saat mengawali penanaman pohon secara simbolik di MAN IC

Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah M Sidik Sisdianto saat mengawali penanaman pohon secara simbolik di MAN IC

Tangerang Selatan (Pendis)--Kementerian Agama melalui Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) bekerjasama  dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melakukan gerakan penanaman 10 ribu pohon di Madrasah serentak di MAN Insan Cendekia se Indonesia sebagai wujud kepedulian terhadap penghijauan dan pelestarian lingkungan, demikian disampaikan Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah M Sidik Sisdianto saat mengawali penanaman pohon secara simbolik di MAN IC Serpong Tangerang Selatan, Selasa (27/02/2024).

"Menanam dan memelihara pohon merupakan kegiatan berkelanjutan yang diharapkan memberi manfaat jangka panjang terhadap lingkungan, khususnya lingkungan yang sehat di Madrasah,” ucapnya.

Menurutnya, urusan pelestarian alam bukanlah masalah kecil karena menyangkut masa depan anak cucu kita. Sebenarnya saat kita menanam pohon saat ini, kita sedang menanam doa dan menanam harapan untuk keberlanjutan hidup generasi yang akan datang seperti harapan kita semua, lanjut Sidik.

Penanaman dan pemeliharaan pohon juga merupakan salah satu aspek dari Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup Pada Satuan Pendidikan Formal (Gerakan PBLHS). Ini sebagaimana disepakati dalam Perjanjian Kerjasama antara Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian dikbudristek, Kementerian Dalam Negeri, dan Kementerian Agama, tandasnya.

Kepala Pusat Pengembangan Generasi Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Sinta Saptarina Soeminarno menyampaikan apresiasinya terhadapa gerakan peduli lingkungan yang dilakukan Kementerian Agama di madrasah merupakan Langkah konkrit dalam menjaga dan melestarikan lingkungan dan menjadi Gerakan pionir

mengatakan dengan adanya perubahan iklim kita bisa berinovasi untuk menjaga lingkungan hidup kita. “penanam pohon menjadi sangat penting sebagai Upaya strategis mengatasi krisis planet berupa efek perubahan iklim, polusi udara dan ancaman keaneka ragaman hayati,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa penanaman pohol bermanfaat untuk keseimbangan ekologi, juga manfaat yang multiguna bagi manusia dan semua mahluk hidup, karena menyimpan oksigen dan menghasilkan karbon yang bermanfaat bagi  mahluk lain,terang Sinta.

Turut hadir Kasubdit Kerjasama,  pada Direktorat KSKK Madrasah, Papay Supriatna,  Kepala MAN IC Serpong, Hilal Najmi, sivitas akademika MAN IC Serpong, para Penyuluh dan Tim Pengembangan Generasi LHK, serta Kasubkor dan pelaksana pada Subdit Kelembagaan dan Kerjasama Direktorat KSKK Madrasah serta Ikut secara daring, para Kepala MAN IC se Indonesia.