Tender Pra DIPA SBSN PTKIN

Tender Pra DIPA SBSN PTKIN

Serpong (Pendis) – Pembangunan gedung kampus PTKIN melalui pembiayaan-pinjaman SBSN yang akan dilaksanakan tahun 2023 mendatang, pada akhir tahun 2022 ini akan dilakukan tender pra DIPA atau tender dini untuk isitilah pada Kementerian/Lembaga lain.   

“Tender pra DIPA ini  dimaksudkan agar pembangunan bisa maksimal selama 1 tahun sehingga tidak ada pembangunan gedung yang tidak selesai, mangkrak atau istilahnya KDP, Konstruksi Dalam Pengerjaan,” kata Zulpan Syarif Supriadi Hasibuan, Kepala Sub Direktorat Sarana Prasarana dan Kemahasiswaan Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Ditjen Pendidikan Islam, Senin malam (24/10/2022).

Hal-hal yang dilakukan dalam tender pra DIPA yang akan digarap selama 2 Bulan, November-Desember Tahun 2022 ini menurut Zulpan meliputi Tender Perencanaan dan Tender Pengawasan/Manajemen Konstruksi (MK).

“Lelang Perencanaan dan Pengawasan/MK jangan lewat tahun 2022 dikarenakan pada tanggal 3 Januari 2023 akan dilakukan tandatangan kontrak pemenang tender bertepatan dengan Hari Amal Bakti Kementerian Agama ke 78,” kata Zulpan yang pernah aktif di UKPBJ Kementerian Agama RI.

Sementara itu menurut Sub Koordinator Sarana dan Prasarana Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri, M. Syarif Hidayatullah, menyatakan bahwa pada tahun 2023 tercatat ada 21 (dua puluh satu) kampus UIN/IAIN/STAIN yang akan dapat kucuran pinjaman dana dari SBSN untuk pembangunan gedung kampus.

“7 kampus UIN, 12 IAIN dan 2 Kampus STAIN,” kata Syarif yang juga ketua pelaksana yang memfokuskan kegiatan ini pada pembahasan pada persiapan pelaksanaan tender pra DIPA proyek SBSN (Surat Berharga Syariah Negara) PTKIN (Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri) Tahun 2023 ini. 

Menurut data dari Sub Direktorat Sarana Prasarana dan Kemahasiswaan Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam ke sembilan belas kampus PTKIN tersebut adalah tujuh (7) Universitas Islam Negeri (UIN) yaitu UIN KH. Abdurahman Wahid-Pekalongan,  UIN Fatmawati Sukarno-Bengkulu, UIN Sultan Aji Muhammad Idris-Samarinda, UIN Datokarama-Palu, UIN Sjech M. Djamil Djambek-Bukittinggi, UIN Sunan Gunung Djati-Bandung, dan UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri-Purwokerto

Dua belas (12) kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) meliputi IAIN Syekh Nurjati-Cirebon, lAlN Kudus, IAIN Fattahul Muluk-Papua, IAIN Kerinci, IAIN Sorong, IAIN Sultan Qaimuddin-Kendari, lAlN Kediri, IAIN Palopo, IAIN Lhokseumawe, IAIN Gorontalo, IAIN Metro-Lampung, dan IAIN Takengon. Sedangkan dua kampus Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) adalah STAIN Abdurahman Siddik-Kepulauan Riau dan STAIN Meulaboh-Nangroe Aceh Darussalam. 

Turut hadir dalam kegiatan yang bertajuk Rapat Koordinasi Percepatan dan Optimalisasi Proyek SBSN pada 24-26 Oktober 2022 di kawasan Serpong-Tangerang ini, Otisia Arinindyah Sub Koordinator Sarana dan Prasarana PTKIS, Sub Koordinator Kemahasiswaan Amiruddin Kuba dan sejumlah narasumber dari Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa (UKPBJ) Kementerian Agama RI.