Rakor Program Kesiswaan Direktorat KSKK Madrasah tentang Penyelenggaraan KSM 2024 (23-26/4)

Rakor Program Kesiswaan Direktorat KSKK Madrasah tentang Penyelenggaraan KSM 2024 (23-26/4)

Ternate (Pendis) --- Sebagai ajang rutin tahunan tingkat nasional, Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tahun ini akan digelar di provinsi Maluku Utara. Hal ini disampaikan oleh Kasubdit Kesiswaan Madrasah, Imam Bukhori saat pembukaan Rapat Koordinasi (Rakor) Program Kesiswaan Direktorat KSKK Madrasah di Ternate pada Selasa (23/4). 

Imam mengatakan Rakor ini digelar di Ternate sekaligus untuk memastikan kesiapan tuan rumah dalam menggelar perhelatan akbar pada September mendatang. Koordinasi ini difokuskan untuk persiapan pelaksanaan KSM 2024 dan identifikasi untuk mitigasi permasalahan dalam pelaksanaan kompetisi baik tingkat kabupaten/kota hingga nasional.

“Kita upayakan sosialisasi KSM tahun ini sedini mungkin. Mengingat, KSM kali ini berbeda dengan tahun-tahun lampau, yakni berlakunya sistem merit kepada semua peserta. Juknis harus tersosialisasikan dengan baik hingga pembimbing tingkat madrasah” ujar Imam.

Imam melanjutkan, dengan sistem ini diharapkan pelaksanaan lebih kompetitif. Pihaknya juga menyiapkan kegiatan yang akan diikuti seluruh provinsi yaitu MYRES (Madrasah Young Researchers Super Camp).

“Untuk tahun ini, kami juga akan menyiapkan afirmasi yang pantas untuk para pemenang. Salah satunya adalah bimbingan dan bantuan untuk mendapatkan beasiswa belajar ke kampus-kampus favorit dunia” jelas Imam pada Selasa (23/4) di Ternate.

Sementara itu, Kakanwil Kementerian Agama Maluku Utara, Amar Manaf menyampaikan bahwa gelaran KSM 2024 adalah sebuah kehormatan bagi provinsi Maluku Utara untuk menjadi tuan rumah dalam ajang bergengsi ini. Pihaknya sudah menjalin komunikasi dengan pihak terkait, salah satunya dengan Pemprov Maluku Utara. 

“Ajang ini sebagai media bagi pemerintah setempat kami untuk mempromosikan berbagai potensi wisata dan kebudayaan kepada tamu undangan. Target utama kami adalah untuk menggelar acara ini dengan lancar, sukses dan melayani tamu dengan baik” terang Amar.

Kegiatan yang akan dimulai pada 2 September 2024 ini akan dipusatkan di asrama haji Ternate. Pemerintah Kota Ternate sudah mulai mempersiapkan baik armada transportasi maupun akomodasi bagi peserta.

Amar menegaskan bahwa seluruh kepala Kemenag di wilayah Kementerian Agama provisi Maluku Utara siap menyambut dan melayani para peserta dan official KSM 2024. Ia mengusulkan agar pembukaan acara ini dilaksanakan siang hari agar lebih maksimal. Pihak kanwil sudah menyiapkan agenda Gus Menteri Agama untuk membuka acara ini dan meresmikan seluruh proyek SBSN di wilayah Maluku Utara. (ysr)


Tags: # KSM # MYRES