Cinta di Balik Teguran (Catatan Hari Guru Nasional Tahun 2024)

Senin, 25 November 2024 13:04 WIB
Pendis

Emi Indra (Guru PAI SMPN 1 Palu, Sulawesi Tengah dan (Guru PAI Berprestasi dan Berdedikasi Tahun 2023)  

Dalam beberapa waktu terakhir, berita mengenai guru yang dilaporkan ke polisi hanya karena menegur muridnya semakin sering terdengar. Fenomena ini mencerminkan ketegangan yang kian meningkat antara orang tua, siswa, dan guru dalam dunia pendidikan. Di tengah upaya kami untuk mendidik dan membimbing, sering kali kami dihadapkan pada tantangan berat: bagaimana menyampaikan kasih sayang dalam bentuk teguran tanpa disalahpahami. Keberadaan kami sebagai guru, yang seharusnya menjadi pemandu dan pelindung, kini terkadang dipandang sebagai ancaman. Akan tetapi, di balik setiap teguran yang kami berikan, terdapat cinta yang tulus dan harapan untuk masa depan anak-anak.

Hakekat seorang guru adalah sebagai pelita yang menerangi jalan gelap, pemandu yang setia dalam setiap langkah kecil dari murid. Dengan hati yang penuh harapan, kami berusaha menanamkan bukan hanya ilmu, tetapi juga nilai-nilai luhur yang akan menjadi bekal hidup mereka. Ketika kami memberikan teguran, itu adalah ungkapan cinta yang mendalam. Setiap kata yang kami ucapkan adalah undangan dan imbauan bagi anak-anak untuk merenung, memahami kesalahan, dan tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik. Namun begitu, sering kali niat baik kami disalahartikan.

Kami ingin orang tua tahu bahwa setiap teguran yang kami sampaikan adalah refleksi dari cinta kami. Kami tidak ingin menjadi sosok yang menakutkan; kami adalah sahabat yang membantu anak-anak menemukan jalan yang benar. Namun demikian, ketika kemarahan menggantikan pengertian, kami merasa terasing. Dalam situasi yang penuh ketegangan ini, kami merindukan dialog yang hangat, di mana kami bisa berbagi visi untuk kebaikan anak-anak. Ketika orang tua dan guru dapat berkolaborasi, kami percaya bahwa anak-anak akan mendapatkan dukungan yang mereka butuhkan untuk berkembang.

Menghadapi kemarahan orang tua bukanlah hal yang mudah. Setiap kali kami memberikan teguran, kami melakukannya dengan pertimbangan yang matang, Kami berusaha untuk tidak hanya memperbaiki perilaku anak, tetapi juga menjaga semangat mereka. Namun demikian, ketika kami menerima reaksi negatif, kami merasa tertekan. Apakah kami telah gagal dalam mengkomunikasikan niat kami? Apakah cinta kami tidak cukup untuk menjelaskan bahwa kami bertindak demi kebaikan?

Kami sering mendengar ungkapan bahwa “setiap anak adalah cermin dari orang tua mereka.” Ungkapan ini mengingatkan kami tentang tanggung jawab besar yang diemban oleh orang tua dalam membentuk karakter anak. Kami, sebagai guru, berusaha untuk memperkuat nilai-nilai yang diajarkan di rumah, tetapi kami juga perlu mendapatkan dukungan dari orang tua. Ketika orang tua memahami bahwa kami berjuang dalam satu barisan, mereka akan lebih mudah menerima teguran yang kami berikan. Ini adalah langkah penting dalam menciptakan kemitraan yang kuat antara rumah dan sekolah.

Cinta sebagai jembatan

Cinta di balik teguran seharusnya menjadi jembatan, bukan tembok pemisah. Kami ingin membangun komunikasi yang terbuka dan jujur. Dalam setiap pertemuan dengan orang tua, kami berharap untuk menjelaskan konteks di balik teguran dan mengapa kami merasa perlu untuk melakukannya. Kami ingin orang tua melihat bahwa kami peduli, bahwa kami ingin anak-anak mereka tumbuh menjadi individu yang bertanggung jawab dan memiliki integritas. Ketika komunikasi ini terjalin dengan baik, kami percaya bahwa hubungan antara guru dan orang tua akan semakin kuat.

Pendidikan adalah sebuah perjalanan yang indah, di mana setiap langkah diambil bersama. Sebagai guru, kami sangat membutuhkan dukungan dari orang tua untuk menciptakan atmosfer belajar yang positif. Ketika kita bersinergi dalam cinta dan pengertian, anak-anak akan tumbuh dengan percaya diri, mengetahui bahwa mereka dikelilingi oleh orang-orang yang peduli dan mendukung. Di sinilah letak kekuatan kolaborasi; ketika cinta dan perhatian bersatu, anak-anak akan merasa dihargai dan termotivasi untuk belajar.

Kami juga ingin orang tua memahami bahwa setiap teguran adalah bagian dari proses pembelajaran. Kami tidak hanya mengajarkan materi pelajaran; kami juga mengajarkan bagaimana cara menghadapi tantangan dan belajar dari kesalahan. Ketika anak-anak menghadapi teguran, mereka diajarkan untuk merenung dan mengambil pelajaran dari situasi tersebut. Ini adalah keterampilan hidup yang sangat berharga yang akan membantu mereka di masa depan. Kami ingin mereka tumbuh dengan pemahaman bahwa kesalahan adalah bagian dari perjalanan. Yang terpenting adalah bagaimana mereka bangkit kembali setelah jatuh.

Kami percaya bahwa ketika orang tua mendukung kami, kami dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih baik. Dalam suasana yang penuh kasih, anak-anak akan merasa aman untuk mengekspresikan diri mereka dan mengambil risiko dalam belajar. Mereka tidak akan takut untuk mencoba hal-hal baru karena mereka tahu bahwa di balik setiap teguran terdapat cinta yang tulus dan harapan untuk masa depan yang lebih baik. Ketika anak-anak merasakan cinta ini, mereka akan lebih termotivasi untuk belajar dan berkembang.

Dalam perjalanan pendidikan ini, mari kita ingat bahwa cinta di balik teguran adalah fondasi yang kuat untuk membangun masa depan yang lebih baik. Kami, sebagai guru, berkomitmen untuk terus memberikan bimbingan dengan penuh kasih, dan kami berharap orang tua juga dapat mendukung kami dalam upaya ini. Bersama-sama, kita dapat menciptakan suasana belajar yang tidak hanya mendidik, tetapi juga penuh cinta dan pengertian. Dengan saling mendukung, kita akan membentuk generasi yang siap menghadapi tantangan dunia, dengan keyakinan dan penuh harapan.

Di momen hari Guru Nasional ke 79 ini, mari kita jadikan cinta di balik teguran sebagai jembatan untuk memperkuat hubungan antara guru, orang tua, dan anak. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang niat dan tujuan di balik setiap teguran, kita dapat bersama-sama menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak-anak kita. Dalam sinergi ini, kita akan menemukan kekuatan untuk membimbing mereka menuju masa depan yang gemilang.

Selamat Hari Guru ke-79, “Guru Hebat, Indonesia Kuat”

Penulis : Emi Indra (Guru PAI SMPN 1 Palu, Sulawesi Tengah dan (Guru PAI Berprestasi dan Berdedikasi Tahun 2023)  


Tags:

HGN,PAI

Bagikan:







Pendis
SIMPATIKA

Sistem Pendataan Informasi Tenaga Kependidikan

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah