“Kampung Riset” Program Unggulan  LP2M IAIN Pontianak Hadir Kembali

“Kampung Riset” Program Unggulan LP2M IAIN Pontianak Hadir Kembali

Pontianakl (Pendis) - Sivitas Akademika IAIN Pontianak patut berbahagia, pasalnya program unggulan LP2M IAIN Pontianak yakni Kampung Riset akhirnya kembali lagi. Tidak hanya menjadi program unggulan, namun menjadi pionir kegiatan kolaborasi berkonsep riset dan pengabdian masyarakat di PTKIN Indonesia. Rencananya kegiatan ini dilaksanakan awal bulan April 2021. Lokasi Kampung Riset tahun 2021 di Kabupaten Ketapang, Provinsi Kalimantan Barat. Kegiatan ini akan diikuti oleh Dosen dan Mahasiswa IAIN Pontianak serta dibimbing oleh akademisi yang kompeten. 
Ketua Panitia Kampung Riset 2021, Dr. Mujiono, M.Pd menjelaskan program Kampung Riset merupakan satu-satunya kegiatan yang didesain khusus dalam format praktek penelitian dan pengabdian pada masyarakat, yang didampingi langsung oleh para dosen profesional di bidangnya. Mulai dari perencanaan, implementasi dalam pengumpulan data, pelaporan hingga penulisan artikel ilmiah dan buku.

“Selain pengalaman riset di lapangan bersama akademisi profesional, kegiatan ini juga bernuansa wisata akademik dengan menghadirkan peserta di lokasi yang eksotik, indah, penuh daya tarik alam yang mungkin belum pernah dikunjungi sebelumnya.” Terangnya

Ketua LP2M IAIN Pontianak, Sukardi menjelaskan LP2M konsisten untuk melaksanakan kegiatan Kampung Riset setiap tahunnya. Pasalnya program ini menjadi ruh dan identitas khas dari LP2M IAIN Pontianak. “Setiap tahunnya kegiatan Kampung Riset selalu menerbitkan belasan buku hasil riset selama di lapangan. Capaian ini yang selalu diapresiasi oleh pimpinan IAIN Pontianak. Tidak hanya itu, konsep kegiatannya yang memadukan riset, pengabdian masyarakat, dan wisata alam menarik perhatian beberapa perguruan tinggi Islam lainnya di Indonesia untuk menduplikasi kegiatan serupa dengan ciri khas yang berbeda. Semoga tahun ini Kampung Riset lebih meningkat kualitas pelaksanaannya serta output yang dihasilkan,” ujarnya.


Tags: