KSM 2019, Integrasikan Sains dan Islam Untuk Madrasah Hebat Bermartabat

KSM 2019, Integrasikan Sains dan Islam Untuk Madrasah Hebat Bermartabat

Jakarta (Pendis) -- Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI akan menggelar Kompetisi Sains Madrasah, Madrasah Young Researcher Super Camp dan Science Expo Madrasah atau KSM 2019 dengan tema Integrasi Sains dan Islam untuk Madrasah Hebat Bermartabat yang akan digelar 16 sampai 20 September 2019 di Manado Sulawesi Utara.

Menurut Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Ahmad Umar mengatakan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) merupakan ajang yang strategis dalam rangka mengembangkan bakat, kompetensi, dan prestasi anak muda serta menumbuhkembangkan karakter unggul, integritas, sportivitas, dan intelektualitas yang dibutuhkan di era yang makin kompetitif ini,hal ini disampaikannya di Kantor Kementerian Agama Lapangan Banteng Jakarta, Senin (19/8).

"Secara khusus tujuan KSM 2019 adalah menyediakan wahana bagi siswa Madrasah untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang sains sehingga dapat menumbuhkan dan mencintai sains bagi siswa madrasah," jelas Umar.

KSM diharapkan dapat menjadi ajang yang efektif dan strategis dalam rangka memupuk motivasi siswa untuk terus mencintai dan bergairah mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi, ucapnya.

Selanjutnya, dari kegiatan KSM juga siswa madrasah nantinya memiliki motivasi untuk selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional dan spritual berdasarkan nilai-nilai agama sehingga menjadi yang terbaik di bidangnya, harap Umar.

Seleksi KSM Nasional dilakukan secara serentak secara nasional dengan menggunakan sistem Tes Berbasis Komputer atau Computer- Based Test (CBT) yang disiapkan dan di bawah kendali Komite KSM Nasional yang diikuti siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA). (Hikmah)


Tags: