Pelaksanaan KSM 2023 di Kendari.

Pelaksanaan KSM 2023 di Kendari.

Kendari (Pendis) - Sebanyak 446 siswa perwakilan dari madrasah di seluruh Indonesia bersiap untuk menghadapi tantangan dalam Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2023, serta Madrasah Young Researcher Supercamp (Myres). Mereka adalah para juara pertama KSM di tingkat provinsi, mulai dari Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), hingga Madrasah Aliyah (MA), Senin (04/09/2023).

Menurut Plt. Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK), Sidik Sisdiyanto, KSM memiliki keunggulan unik yaitu penggabungan sains dengan ilmu agama dalam soal-soal yang diujikan.

"Ini keunggulan KSM, dimana ilmu Fisika, Kimia, Biologi, dan Ekonomi digabungkan dengan Ilmu Agama Islam dalam soal-soalnya," ujarnya.

Event ini bukan hanya tentang persaingan, tetapi juga kesempatan bagi siswa-siswi madrasah untuk membangun budaya kompetitif yang sehat di lingkungan mereka. Sidik berharap KSM akan menghasilkan siswa-siswa yang unggul dalam bidang sains sekaligus memiliki pemahaman mendalam tentang agama Islam.

Prof. Dr. Kusaeri, Ketua Tim Ahli KSM 2023, menjelaskan bahwa penyelenggaraan KSM tahun ini telah melalui tahap evaluasi dari tahun-tahun sebelumnya.

"Kami telah meningkatkan kualitas dan proporsi integrasi soal-sal KSM antara sains dan ilmu agama," kata Kusaeri.

Wakil Ketua Tim Ahli KSM 2023, Noor Wahyudi, menambahkan bahwa para peserta saat ini tengah bersaing dengan tekun mengerjakan soal-soal yang disiapkan oleh tim KSM 2023.

"Para peserta MA mengikuti kompetisi dengan teknis Computer Based Test (CBT), sementara tingkat MI dan MTs mengerjakan soal eksplorasi dan eksperimen. Besok akan bergantian," jelasnya.

Proses penilaian telah dipersiapkan dengan baik, dengan kehadiran 22 juri di lokasi untuk menilai dan memutuskan pemenang kompetisi. "Kami telah menyiapkan 22 juri yang akan menentukan yang terbaik dalam kompetisi ini," tambahnya.

Sejak tahun 2012, event KSM telah diadakan oleh Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI. Event ini berlangsung dari tanggal 3 hingga 7 September 2023 dan mencakup serangkaian acara Madrasah Young Researcher Supercamp (Myres) dan Science Expo Madrasah.