KSM Tingkat Kota Bukittinggi, Peserta Diharap  Mampu Bekompetisi hingga Tingkat Nasional

KSM Tingkat Kota Bukittinggi, Peserta Diharap Mampu Bekompetisi hingga Tingkat Nasional

Bukittinggi (Pendis)--Kepala Kantor Kemenag Kota Bukittinggi, Eri Iswandi membuka secara resmi Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Kota Bukittinggi yang dipusatkan di kampus MAN 2 Bukittinggi, Jum'at (07/07/2023).

Kegiatan ini dihadiri Kasubag Tata Usaha sekaligus Plt. Kasi Penmad, Tri Andriani, Kepala Madrasah, Kaur Tata Usaha, Guru Pembina dan peserta KSM.

Dalam sambutannya, Eri Iswandi menyampaikan. "Tahun 2023 Kompetisi Sains Madrasah Kota Bukittinggi diikuti SDIT Al Ishlah Bukittinggi. Kegiatan yang mengambil tema Mandiri Berprestasi Membagi Kemuliaan Generasi merupakan agenda rutin Dirjen Pendis Kemenag RI untuk mengukur tingkat pemahaman dan pengetahuan pendidikan di Madrasah yang dilakukan secara berkelanjutan. Kompetisi ini tidak hanya diikuti siswa Madrasah tapi juga melibatkan sekolah di luar madrasah dalam rangka meningkatkan daya saing untuk lebih maju mengimplementasikan pendidikan yang didapat serta di kembangkan dengan pola terintegrasi," tuturnya.

Selanjutnya  kata  Eri Iswandi, KSM ini yang akan dilakukan secara offline, sehingga kita  berharap ananda bisa mewakili Kota Bukittinggi untuk tingkat Sumatera Barat dan tingkat nasional nantinya. Kita bangga dengan masuknya SD Al-Islah pada tahun ini sehingga akan semakin menambah Kompetitor. Kita biasanya mampu maju ke tingkat Nasional, untuk tahun ini kami berharap dapat melanjutkan tradisi tersebut.

"Mari kita berkomitmen untuk mewujudkan Madrasah dan Bukittinggi Hebat mewakili Sumatera Barat di tingkat Nasional khususnya pada ajang KSM. Mengelaborasi sains dengan konteks nilai-nilai islam. Terus kembangkan sikap percaya diri dan sikap kompetitif bahwa kita mampu meraih prestasi lebih tinggi. Kita harus mampu dan siap bersaing dimana dan kapanpun dengan merencanakan program pendidikan sedini mungkin melibatkan semua pihak, baik guru maupun komponen lainnya," tuturnya.

Plt. Kasi Pendidikan Madrasah, Tri Andriani Djusair dalam laporannya menyampaikan bahwasanya KSM Tingkat Kota Bukittinggi di ikuti 81 orang peserta terdiri dari 12 orang Tingkat MI/SD (2 MI dan 1 SD) , 31 Orang Tingkat SLTP/MTs (6 MTs) dan 38 Orang Tingkat SMA/MA ( 6 MA).

"Alhamdulillah Kompetisi Sains Madrasah (KSM) sebagai wahana membangun ghirah Kompetisi di kalangan siswa yang mengkalaborasikan Sains dengan nilai-nilai Islam (Terintegrasi), untuk Tingkat Kota Bukittinggi tahun 2023 ini KSM di ikuti 81 peserta," pungkasnya. (Syafrial)