LPPI UMP Kaji Integrasi Keislaman dan Iptek

LPPI UMP Kaji Integrasi Keislaman dan Iptek

Untuk memperkaya keilmuan dan pengetahuan, juga dihadirkan sejumlah pakar dari berbagai perguruan tinggi, seperti Prof Drs Yudian Wahyudi MAPhD, Dr Husain Heriyanto MHum, Dr Fachuddin Faiz, Dr Waryani Fajar Riyanto MAg, dan Prof Dr Mujia Raharjo. Ketua LPPI UMP, Dr Darojat MAg mengatakan, kegiatan yang dikemas model kuliah dan diskusi umum ini merupakan upaya lembaganya untuk memajukan paradigma keilmuan integratif.

Tujuanya untuk menciptakan civitas academica yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berwawasan kemajuan, memiliki keunggulan akademik kompetitif, serta komperatif. "Ini sekaligus untuk menyongsong UMP yang akan menjadi universitas riset, supaya nanti kita punya panduan yang mengacu pada integrasi keilmuan dan keislaman dalam membangun sumber daya manusia dengan pemahaman bersama,"ungkapnya.

Rektor UMP, Dr Syamsuhadi Irsyad MH mengatakan, inisiasi LPPI ini akan membawa pencerahan pada umat Islam dan ini sudah dimulai dari kampus. Kampus tersebut berkomitmen mengembangkan ilmu pengetahuan dengan fondasi keislaman.

Wawasan Keilmuan

"Dengan bertambahnya wawasan keilmuan dan keislaman yang telah terintegrasi, dosen dapat memberi warna cara pembelajaran yang akan diberikan kepada mahasiswa. Dengan demikian, lulusan memiliki karakter yang berisi, kecakapan, keterampilan, dan ilmu pengetahuan," ujarnya.

Rektor berharap UMP selalu terdepan untuk mengkaji isu-isu terkini yang menjadi problematika umat. Kampus juga mendukung berbagai kegiatan yang menghadirkan pakar kelimuan dalam berbagai bidang. Harapannya, materi yang akan disampaikan pakar dapat memperkaya. (G22-37)


Tags: