Mendiknas: Soal UN Disiapkan Lima Tipe

Mendiknas: Soal UN Disiapkan Lima Tipe

BANDUNG, (PRLM).- Untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan Ujian Nasional (UN), pada tahun ini tipe soal untuk UN disiapkan sebanyak lima tipe. Menteri Pendidikan Nasional M. Nuh mengungkapkan, pada pelaksanaan UN 2011, di setiap kelas masing-masing akan ada soal tipe A, B, C, D, dan E. Lima tipe soal ini akan digunakan untuk UN tingkat SMA/SMK/MA serta SMP/MTs.

"Dengan lima tipe soal ini, kemungkinan untuk mencontek atau berbuat curang akan semakin kecil. Mungkin akan ada, tapi kemungkinannya kecil, karena akan sulit untuk mencocokkan jawaban dengan lima soal berbeda," kata Nuh yang ditemui seusai dialog program bidik misi, di Universitas Padjadjaran, Jln. Dipati Ukur, Kota Bandung, Senin (28/2).

Nuh mengaku, tidak mengkhawatirkan akan terjadi kesalahan pada praktiknya nanti. Dia telah melakukan simulasi untuk penggunaan lima tipe soal ini, sehingga optimistis pelaksanaan UN 2011 dapat berjalan lancar.

Selain menambah jumlah tipe soal, untuk meminimalkan kebocoran soal, menurut Nuh, akan ada pengawasan yang lebih ketat saat proses mencetak serta pendistribusian soal. Selain itu, peran tim pemantau independen (TPI) akan dimaksimalkan saat pelaksanaan UN.


Tags: