Mulai 2016, Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Diikuti Sekolah Umum

Mulai 2016, Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Diikuti Sekolah Umum

Jakarta (Pendis) - Kompetisi Sains Madrasah (KSM) mulai tahun ini yang akan dilaksanakan di di Pontianak, Kalimantan Barat pada 23 hingga 27 Agustus 2016 diikuti oleh sekolah umum. Sebelumnya, kompetisi ini hanya diikuti oleh para siswa terbaik dari berbagai madrasah dibelahan Indonesia.

Direktorat Pendidikan Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI selaku penyelenggara KSM membuka dengan tangan terbuka para siswa jenius dari sekolah umum untuk mengikuti ajang kecerdasan yang dilaksanakan dikota Katulistiwa nanti. "KSM V ini, selain diikuti oleh siswa-siswi madrasah, termasuk MAN IC, juga bisa diikuti oleh siswa siswa sekolah yang berada dalam naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan," papar Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Kamarudin Amin, Jumat (19/8).

Dirjen Pendis menjelaskan bahwa Kementerian Agama telah melakukan kesepakatan dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bahwa ajang asah otak seperti KSM dan Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang diselenggarakan Kemendikbud sekiranya dapat diikuti oleh siswa-siswa dari Madrasah maupun sekolah umum, "Begitu pula lomba-lomba lainnya yang diselenggarakan oleh dua kementerian tersebut," terangnya.

KSM kali ini, Dirjen lulusan Jerman ini melanjutkan, bahwa ajang KSM yang mengangkat tema `Mempersiapkan Generasi Unggul Berwawasan Global` ini selain sains juga akan dilaksanakan lomba dengan materi soal agama Islam yang keseluruhan peserta KSM V ini sebanyak 865 peserta dari seluruh provinsi yang ada di bumi nusantara ini. Pada KSM ini kali, selain kompetisi sains dan Agama Islam tadi, juga akan ada beberapa kegiatan antara lain game online, matematika gasing, workshop motivasi pengembangan diri dan rembuk nasional bidang kesiswaan madrasah se Indonesia.

Dalam konperensi pers yang dilaksanakan di Ruang Sidang Setjen Kemenag, Gedung Kemenag Jalan Lapangan Banteng Barat 3-4 Jakarta hari ini diikuti juga oleh Direktur Madrasah M Nur Kholis Setiawan dan Pgs Kapus Pinmas Syafrizal dalam rangka mendampingi Dirjen Pendis.

Untuk diketahui pula, bahwa ditingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI/SD), bidang yang dilombakan adalah Matematika dan Agama Islam, IPA dan Agama Islam. Sedang tingkat MTs/SMP, ada Matematika dan Agama Islam, Biologi dan Agama Islam serta Fisika dan Agama Islam. Sementara untuk tingkat MA/SMU, ada 6 bidang perlombaan, yakni Matematika dan Agama Islam, Biologi dan Agama Islam, Fisika dan Agama Islam, Kimia dan Agama Islam, Ekonomi dan Agama Islam serta Geogragfi dan Agama Islam.

(Sholla Taufiq/ra)


Tags: