Pengawasan Dana Pendidikan Masih Dipertanyakan

Pengawasan Dana Pendidikan Masih Dipertanyakan

BANDUNG, (PRLM).- Anggota DPR RI Komisi X, Hetifah Sjaifudian mengakui jika sebagian besar dana fungsi pendidikan tersebar di sejumlah kementrian dan lembaga. Dari total anggaran pendidikan 20 persen sebesar Rp 243 triliun di APBN 2011, yang masuk ke anggaran Kemendiknas hanya sekitar Rp 56 triliun. Artinya mayoritas anggaran yang sebenarnya untuk fungsi pendidikan tersebar di luar Kemdiknas.

"Dari berbagai isu pokok yang paling penting adalah cara distribusi alokasi anggaran yang juga dipertanyakan. Banyak kesenjangan. Anggaran pendidikan itu Rp 243 triliun, tapi ketika diperiksa ada banyak problem. BOS salah satunya yang hanya Rp 16 triliun pun harus diselamatkan," katanya.

Hetifah mengakui, kontrol dan pengawasan dana pendidikan ini masih dipertanyakan. Sebab selama ini hanya fokus untuk mengontrol dana pendidikan di Kemendiknas yang sebenarnya hanya sebagian kecil dari anggaran pendidikan. "Sebagian besar masih terdistribusi ke lembaga dan kementrian lain. Tidak ada yang mengontrol, padahal dananya itu dari fungsi pendidikan," ujarnya.


Tags: