Informasi pelaksanaan Pelaksanaan Pekan Olahraga Seni, dan Ilmiah se Jawa Madura

Informasi pelaksanaan Pelaksanaan Pekan Olahraga Seni, dan Ilmiah se Jawa Madura

Jember (Pendis) - Pelaksanaan Pekan Olahraga Seni, dan Ilmiah se Jawa Madura (Porsi Jawara) kesatu akan segera dimulai 5 (lima) hari lagi. Kompetisi setingkat Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) ini telah memilih Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember sebagai tuan rumah.

Pendaftaran Porsi Jawara Kesatu telah berlangsung pada tanggal 17-25 Oktober 2023 lalu, dengan mekanisme pendaftaran dilakukan secara online, dan pemutaakhiran atau verifikasi berkas dilakukan secara offline.

Giat yang mengusung tema ‘Unity in Diversity’ ini, akan berlangsung selama lima hari, yaitu mulai tanggal 1 – 5 November 2023.

Beberapa bidang lomba yang akan dipertandingkan nanti, seperti lomba Olahraga, Seni, dan Ilmiah. Ketiga bidang lomba tersebut, masing-masing memiliki beberapa cabang lomba. Seperti cabang olahraga yang terdiri dari lomba Tenis Meja, Bulu Tangkis, Catur, Panjat Dinding, Pecak Silat, Karate, Taekwondo, Futsal, dan Voli.

Kemudian pada lomba cabang Seni, terdiri dari MTQ, MHQ, MSQ, Kaligrafi, Film Pendek, Puitisasi Al-Qur’an, Pop Solo Islami, dan Da’i-Daiyah. Sementara lomba cabang Ilmiah meliputi, Debat Bahasa Arab, Debat Bahasa Inggris, Debat Konstitusi, MFQ, MKTQ, MQK, Business Plan,  Karya Tulis Inovasi Sosial Keagamaan, dan Karya Tulis Media Pembelajaran.

Rektor UIN KHAS Jember, Hepni mengungkapkan perhelatan Porsi Jawara tidak saja diperuntukkan sebagai ajang merebut kemenangan, tetapi juga dalam rangka menguatkan persatuan untuk meraih keakraban. 

Dia mengakui bahwa setiap lomba artinya peserta dan kontingen dipaksa untuk mendapat  skor perolehan lebih tinggi dibanding yang lain. Kendati pun demikian, Hepni berharap, perhelatan lomba tahunan itu harus tetap riang gembira serta mengedepankan fair play atau sportivitas dalam setiap pertandingan.

“Rebutlah juara di Porsi Jawara dengan riang gembira,” pesannya saat ditemui di kantornya pada Jum’at (27/10/2023).

Pria yang baru pekan lalu dilantik sebagai rektor itu menambahkan Porsi Jawara akan dihadiri dan dibuka langsung oleh Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas atau akrab dikenal Gus Men. 

"Insya Allah nanti Gus Men hadir langsung untuk meresmikan kegiatan ini," tukasnya.

Terpisah, Ketua Panitia Pelaksana Porsi Jawara, Nawawi menyebut dari jumlah total 26 cabang lomba, kini telah berhasil dirampungkan. Pihaknya berharap, pelaksanaan nanti bisa berjalan sebagaimana konsep yang disiapkan sebelumnya.

“Semoga kegiatan Porsi Jawara ini terlaksana sebagaimana kita harapkan,” ungkapnya.

Untuk diketahui, lokasi pelaksanaan masing-masing lomba berbeda-beda. Setidaknya ada 20 cabang lomba diselenggarakan di dalam kampus, sementara 6 cabang lomba akan digelar di beberapa tempat yang lokasinya tidak jauh dari kampus.

Selain pelaksanaan lomba, Expo Mahasiswa dan Bazar UMKM Jember juga akan turut meramaikan sepanjang kegiatan Porsi Jawara. Tidak hanya itu, pada malam harinya nanti, sejumlah artis ibu kota juga turut hadir memberikan semangat dengan beragam pertunjukan di depan peserta dan kontingen.