Pembukaan kegiatan PBAK mahasiswa baru UIN Ar-Raniry Banda Aceh ditandai dengan pemakaian jas almamater oleh Rektor didampingi Ketua Senat dan Wakil R

Pembukaan kegiatan PBAK mahasiswa baru UIN Ar-Raniry Banda Aceh ditandai dengan pemakaian jas almamater oleh Rektor didampingi Ketua Senat dan Wakil R

Banda Aceh (Pendis) - Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh melaksanakan Rapat Senat Terbuka dalam rangka Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) Tahun 2023 di Auditorium Prof Ali Hasjmy kampus tersebut.

Pada kegiatan PBAK tahun 2023 ini diikuti sebanyak 4219 mahasiswa baru dari 9 fakultas yang berlangsung selama 4 hari mulai dari tanggal 15-19 Agustus 2023 dipusatkan di Auditorium Prof Ali Hasjmy dan lapangan bola kaki kampus UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Prof Dr Mujiburrahman mengucapkan selamat kepada mahasiswa baru UIN Ar-Raniry Banda Aceh Tahun Akademik 2023/2024 dan selamat datang di kampus kebanggaan kita bersama, Kampus Energi Kebanggsaaan, Sinergi Membangun Negeri.

"Selamat datang mahasiswa baru UIN Ar-Raniry Banda Aceh yang telah berhasil lulus di antara ribuan peminat yang telah mengikuti beberapa tahapan seleksi dalam berbagai jalur masuk UIN Ar-Raniry Banda Aceh Tahun Akademik 2023/2024," kata Rektor Prof Mujiburrahman dalam arahannya pada Rapat Senat Terbuka PBAK 2023, Selasa (15/8/2023).

Pada kesempatan tersebut, Prof Mujiburrahman mengingatkan mahasiswa baru UIN Ar-Raniry Banda Aceh bahwa dengan menyandang status mahasiswa, mereka kini memulai sebuah perjalanan baru, sebuah perjalanan akademik yang akan ditempuh melalui serangkaian pembelajaran di kampus UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

"Jangat terlalu larut dalam euforia sebagai mahasiswa baru, setelah ini persiapkan diri dan segera pasang target serta fokus mengikuti pembelajaran dengan serius dan terukur, sehingga bisa menyelesaikan studi dalam 7 dan 8 semester," pesan Rektor di hadapan ribuan mahasiswa yang hadir di Auditorium Prof Ali Hasjmy kampus tersebut.

Lebih lanjut, Prof Mujib berpesan bahwa ketika berada di kampus dengan status sebagai mahasiswa, yang dulunya dengan asal daerah yang berbeda, memiliki perbedaan budaya, adat-istiadat, bahasa, kebiasaan, ras, maupun suku yang berbeda pula. Namun, ketika Anda memasuki kampus UIN Ar-Raniry Banda Aceh yang harus diingat bahwa Anda adalah keluarga besar UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

"Dalam konteks satu keluarga, jagalah etika dalam bergaul dengan teman-teman dan dosen, bersikaplah santun dan tentunya kebiasaan yang tidak baik silahkan tinggalkan di kampung halaman masing-masing dan mulai lah mengikuti kuliah dengan serius dan memperhatikan etika akademik dan peraturan yang berlaku di kampus ini," harap Rektor Prof Mujib.

Sebelumnya, Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Prof Dr Saifullah MAg dalam laporannya menyebutkan bahwa pelaksanaan PBAK tahun ini berbeda dengan sebelumnya.

Berdasarkan Surat Edaran Menteri Agama, Nomor: B-732.1/DJ.I/07/2023, kata Saifullah bahwa PBAK adalah kegiatan akademik yang mengawali proses perkuliahan sebagaimana wisuda adalah kegiatan akademik yang mengakhiri perkuliahan. Oleh karena itu, kegiatan PBAK harus dibuka dan ditutup dengan Rapat Senat Akademik

"Sesuai dengan Surat Edaran Menteri Agama kegiatan PBAK tahun ini harus dibuka dan ditutup dengan Rapat Senat Akademik," kata Prof Saifullah.

Nantinya, kegiatan PBAK akan dibagi menjadi dua, yaitu PBAK tingkat Universitas dan PBAK ditingkat Fakultas. Tingkat Universitas akan dilaksanakan pada tanggal 15-16 Agustus 2023. Sedangkan PBAK Fakultas akan dilaksanakan di fakultas masing-masing pada tanggal 18 dan 19 Agustus 2023.

"Untuk jumlah mahasiswa baru yang mengikuti PBAK tahun 2023 berjumlah 4219 orang dengan rincian pada hari pertama, sebanyak 2070 orang di Auditorium dan 2149 lainnya di lapangan bola kaki UIN Ar-Raniry Banda Aceh," jelasnya. []