Tim Penilai Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional Mulai Terjun ke Madrasah

Tim Penilai Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional Mulai Terjun ke Madrasah

Labungkari (Pendis) - Tim Penilai Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat nasional melakukan penilaian Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M) di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Buton Tengah (Buteng), Kamis (18/07).

Tim penilai LSS berasal dari perwakilan tiga kementerian yaitu Kementerian Agama, Zulkifli, S.Ag, M.Si; Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Drs. Wibowo Putro, MM; serta dari Kementerian Kesehatan Deky Virandola, SKM, MKM dan Sari Anggreany, SKM, MKM.

Kedatangan tim penilai yang didampingi oleh Wakil Bupati Buton Tengah, La Ntau, tim Pembina UKS/M Provinsi, Kepala Kantor Kemenag Buteng, Kabag Kesra Buteng, dan Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Buteng tersebut disambut dengan Marcing Band MTsN 1 Buteng, shalawat ibu-ibu Majelis Taklim Kecamatan Lakudo, dan penampilan tarian khas daerah Buteng yaitu Tari Linda dan Mangaru oleh Siswa-siswi MAN 1 Buton Tengah.

Sebelum melakukan penilaian, Tim Penilai mengadakan acara tatap muka bersama Pembina UKS/M MAN 1 Buteng. Hadir dalam acara itu pejabat eselon IV Kantor Kemenag Buteng, Kepala KUA, Kepala Madrasah, Pembina UKS/M Dinas Kesehatan Buteng, Camat dan para kepala Lingkungan Kecamatan Lakudo.

Pada kesempatan itu, Kepala MAN 1 Buteng, Hasim Umar, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dalam persiapan penilaian lomba.

"Ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada semua pihak yang turut mendukung dan membantu dalam persiapan lomba ini. Terima kasih kepada Pemda Buteng terutama Bupati Buteng yang telah membantu pengaspalan jalan dan halaman MAN 1 Buteng, Kesra, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Kesehatan, Camat Lakudo, dan Keluarga Besar Kemenag Buteng dan pihak-pihak terkait yang telah turut bekerja sama dalam memberikan dukungan dan pembinaan di MAN 1 Buteng," ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Buteng La Ntau, mengucapkan selamat datang kepada tim penilai Lomba Sekolah Sehat di Kabupaten Buton Tengah dan khususnya di MAN 1 Buteng.

Di tempat yang sama, Ketua Tim Penilai, Zulkifli juga menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan yang luar biasa. Kemudian dirinya menyampaikan beberapa poin penilaian terkait dengan pembinaan UKS/M. Menurutnya, penilaian kali ini merupakan klarifikasi atas data yang telah dikirim oleh tim provinsi.

"Penilaian kali ini merupakan klarifikasi data yang dikirim oleh tim provinsi berupa kelayakan sarana dan prasarana, pembinaan kader-kader UKS/M, dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di madrasah ini," paparnya.

Usai melakukan penilaian, tim penilai kemudian menyampaikan hasil verifikasi data. Menurut ketua tim penilai, secara umum MAN 1 Buteng memiliki sarana dan prasarana yang memadai dan sudah memenuhi standar.

"Setelah kami melakukan observasi secara umum data yang dikirim tim provinsi sesuai dengan data yang ada di lapangan. Maksudnya MAN 1 Buteng sudah memiliki sarana dan prasarana yang memadai dan memenuhi standar. Antara lain kesesuaian rasio toilet dan jumlah siswa, rasio jumlah siswa dan luas ruangan, ventilasi dan pencahayaan. MAN 1 Buteng juga memaksimalkan sudut sudut madrasah menjadi hijau," paparnya.

Namun, di samping sarana dan prasarana yang memadai tersebut ada beberapa hal yang masih menjadi saran dan masukan dari penilai Kemendikbud dan Kemenkes untuk pembenahan antara lain tempat pembuangan sampah sementara yang masih dekat dengan kantin, saluran air limbah kantin, pengangkutan sampah secara rutin, pembinaan kader-kader terkait pemeriksaan kesehatan peserta didik, dan pengembangan pembiasaan-pembiasaan seperti senam pagi dan senam peregangan. (zul/dod)


Tags: