Digitalisasi dan Keberlanjutan Lingkungan Jadi Fokus Utama Menuju Pendidikan Islam yang Unggul

Selasa, 11 Maret 2025 15:06 WIB
Pendis

Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Amien Suyitno

Jakarta (Kemenag) --- Pendidikan Islam yang unggul tidak hanya berorientasi pada kualitas akademik, tetapi juga harus mencakup aspek riset, fasilitas, kesejahteraan tenaga pendidik, serta keterpaduan dengan masyarakat. Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Amien Suyitno, secara daring melalui zoom meeting dalam Review Cascading Rencana Strategis Pendidikan Islam pada Selasa (11/3/2025).

Menurutnya, pendidikan yang unggul harus diwujudkan di semua jenjang, mulai dari madrasah hingga perguruan tinggi, dengan pendekatan yang ramah dan integratif. “Madrasah harus menjadi tempat yang aman, nyaman, dan inklusif bagi peserta didik. Kampus juga harus menjamin kenyamanan dan aksesibilitas bagi seluruh mahasiswa, termasuk mereka yang berkebutuhan khusus,” ujarnya.

Lebih lanjut, Amien menegaskan bahwa layanan pendidikan berbasis digital harus segera diimplementasikan di seluruh Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). “Semua PTKIN harus memastikan layanan akademik berbasis digital, mulai dari penerimaan mahasiswa baru, pembimbingan akademik, hingga penyajian hasil ujian. Dengan digitalisasi, mahasiswa tidak perlu lagi datang secara fisik untuk mendapatkan dokumen akademik,” jelasnya.

Dalam aspek riset, ia menekankan pentingnya penggunaan data dari berbagai jenjang pendidikan sebagai dasar kebijakan dan solusi yang relevan. “Penelitian tentang angka putus sekolah bisa menjadi dasar untuk merancang program pendampingan yang lebih efektif. Ini harus menjadi perhatian bersama,” tambahnya.

Tak hanya soal akademik, pendidikan Islam juga harus berorientasi pada keberlanjutan lingkungan. Konsep “green campus” harus diterapkan di setiap institusi pendidikan tinggi. “Kampus harus bersih, hijau, dan berbasis pro-lingkungan. Penanaman pohon produktif di lingkungan kampus bisa menjadi investasi jangka panjang, baik untuk kelestarian lingkungan maupun sebagai aset ekonomi,” tuturnya.

Di kesempatan yang sama, Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Sahiron, menegaskan pentingnya pemahaman Indikator Kinerja Utama (IKU) dalam perencanaan strategis pendidikan Islam. “IKU bagi para rektor PTKIN masih memerlukan pemahaman yang lebih mendalam. Oleh karena itu, kita perlu menyusun pedoman yang lebih sistematis agar tolok ukur kinerja lebih jelas, transparan, dan akurat,” paparnya.

Sahiron juga menekankan pentingnya efisiensi dalam pengelolaan sumber daya tanpa mengorbankan kualitas pendidikan. “Hari ini kita berbicara tentang efisiensi, tetapi program tidak boleh terganggu hanya karena efisiensi. Kita harus tetap produktif dan inovatif,” tegasnya.


Bagikan:







Pendis
EMIS

GERBANG DATA PENDIDIKAN KEMENTERIAN AGAMA

Pendis
PPG Daljab Kemenag

Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan Kemenag RI

Pendis
SPAN PTKIN 2025

Penerimaan Mahasiswa Baru PTKIN 2025

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah

Pendis
Selamat Datang di Portal PPID Kementerian Agama

Ini adalah website resmi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kementerian Agama Republik Indonesia.

Pendis
SIMPATIKA

Portal Layanan SIMPATIKA KEMENAG

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan