Kabag Umum dan BMN: Nasib Pegawai Tergantung BMN

Sabtu, 29 September 2018 05:22 WIB
Pendis

Kabag Umum dan BMN: Nasib Pegawai Tergantung BMN

Mataram (Pendis) - Dalam rangka ingin menyamakan persepsi serta menggali persoalan-persoalan terkait pengelolaan barang milik negara (BMN), Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melalui Bagian Umum dan BMN menyelenggarakan Focused Group Discussion (FGD) Penguatan Pengelolaan Barang Milik Negara Pusat dan Satker pada Jum`at, 28 September 2018 di Aula Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Kepala Bagian Umum dan BMN , Ali Ghozi, dalam sambutannya menegaskan bahwa pengelolaan aset negara yang baik menjadi salah satu penentu pemberian opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan RI. Perolehan opini WTP tentunya akan berdampak pada kenaikan tunjangan kinerja (tukin) pegawai. "Kegiatan FGD ini diharapkan ada komunikasi dan sinergi di antara para pengelola BMN. Ini menjadi starting point kita untuk meminimalisir selisih pencatatan antara Simak-BMN dan SAIBA di akhir tahun. Sehingga pada akhirnya memberikan kontribusi signifikan terhadap laporan keuangan (LK). Tentunya, jika LK kita bisa WTP, tukin kita juga bisa naik. Jadi, nasib pegawai se-Indonesia raya, salah satunya tergantung LK BMN," tegasnya pada Jum`at, (28/09) di Mataram.

FGD yang dilaksanakan sehari ini diikuti oleh operator Simak-BMN dari satker Pendis yang ada di lingkungan Kanwil Kemenag Provinsi NTB, baik dari madrasah (MTsN dan MAN) maupun Kantor Kemenag Kabupaten/Kota. Kegiatan yang juga dihadiri Kepala Kanwil Kemenag Provinsi NTB ini, bertujuan untuk menyamakan persepsi dan langkah secara integral terkait pengelolaan BMN serta ingin menggali persoalan-persoalan atas selisih pencatatan yang dihadapi lapangan.

Sengaja FGD ini diadakan di Kanwil Kemenag Provinsi NTB, karena menurut Ghozi, NTB masuk ke dalam 5 (lima) besar penyumbang tertinggi selisih pencatatan BMN dimaksud. "Selisih pencatatan kita selalu tinggi. Selisih pencatatan seIndonesia mencapai angka 1,2 triliun. Jika ini tidak diseriusi akan menumpuk-numpuk, dan berdampak pada opini wajar dengan pengecualian (WDP), bahkan bisa disclaimer," imbuhnya.

Sementara Fakhrurozi dalam laporannya, menyatakan bahwa banyaknya permasalahan, baik secara administratif maupun efisiensi dan efektifitas pemanfaatan BMN yang seringkali dialami sejumlah satker di antaranya SDM yang terbatas. Di samping itu, kurangnya komitmen pimpinan dalam melakukan pengawasan dan pengendalian. "Permasalahan klasik terkait pengelolaan BMN di daerah biasanya, minimnya SDM; kurangnya perhatian pimpinan; dan tingkat pemahaman pengelola BMN masih rendah, sehingga tak jarang yang salah input akun. Ini yang terkadang menjadikan selisih pencatatan tidak sinkron antara Simak-BMN dan SAIBA". (ozi/dod)


Tags:

Bagikan:







Pendis
SIMPATIKA

Sistem Pendataan Informasi Tenaga Kependidikan

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah

Pendis
Selamat Datang di Portal PPID Kementerian Agama

Ini adalah website resmi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kementerian Agama Republik Indonesia.