PTKIN Garda Terdepan Dalam Implementasi <i>E-Office</i>

Jumat, 23 Maret 2018 08:20 WIB
Pendis

PTKIN Garda Terdepan Dalam Implementasi <i>E-Office</i>

Bogor (Pendis) - Sebagai upaya untuk menciptakan pemerintahan yang baik (good government) perlu dilakukan reformasi birokrasi di semua lini. Karena diyakini, melalui reformasi birokrasi, tentunya dilakukan penataan sistem penyelenggaraan pemerintahan yang efektif dan efisien. Salah satunya adalah penerapan elektronik pemerintahan (e-government) dengan memanfaatkan Information Communicatin Technology (ICT).

Hal ini disampaikan Kepala Bagian Umum dan BMN Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Ali Ghozi saat memberikan sambutan pada kegiatan "Peningkatan Profesionalisme Penataan Persuratan dan Kearsipan Berbasis IT" di Bogor.

"Sejatinya, pola pemerintahan saat ini sudah mengalami transformasi, yakni reformasi birokrasi. Akselerasi penerapan reformasi birokrasi dapat dipercepat melalui implementasi e-government," kata Ali, Rabu (21/03).

Kegiatan yang akan berlangsung selama tiga hari, 21-23 Maret 2018, mengundang peserta dari Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UIN, IAIN, dan STAIN) seluruh provinsi.

Dijelaskan pula oleh Ali, bahwa di dalam e-government ada layanan untuk mendukung kelancaran administrasi perkantoran, yang dikenal dengan e-office. Di Indonesia e-office sudah banyak diterapkan oleh perusahaan-perusahaan swasta.

"Saya rasa meskipun sedikit terlambat dibandingkan dengan perusahaan swasta, namun tetap harus dimulai. PTKIN sebagai lembaga yang menangani pendidikan harus jadi garda terdepan dalam penanganan administrasi berbasis elektronik ini. Saya yakin di beberapa UIN sudah menerapkan e-office, bahkan di Pendis pun sudah menerapkan. Hanya saja belum optimal. Melalui kegiatan ini diharapkan pengelolaan adminitrasi elektronik akan lebih optimal," tegas mantan Auditor Inspektorat Jenderal Kemenag RI.

Selanjutnya, pada kesempatan terakhir, Ali Ghozi mengharapkan, dalam kerangka pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM) di lingkungan Kementerian Agama, implementasi e-government merupakan kebutuhan mendesak untuk dilaksanakan. Pengelolaan administrasi dan kearsipan jika tidak berbasis elektronik, maka akan ketinggalan zaman.

"Zaman now, pengelolaan administrasi dan kearsipan jika tidak berbasis elektronik, maka akan out of date, ketinggalan. Karena di era sekarang ini kita dituntut akan modernisasi administrasi yang bersifat efesien, efektif, transparan, dan akuntabel. Undangan dan info-info sudah banyak dikirim melalui Whatsapp (WA) sehingga dapat diterima dengan cepat. Berbeda dengan zaman old, membutuhkan waktu lama untuk menerima informasi," pungkasnya.

Senada dengan Ali Ghozi, Kasubbag TU, Abdul Latif dalam laporannya, menyatakan bahwa dengan memanfaatkan IT secara optimal, semakin mempermudah dan mempercepat pegawai dalam melaksanakan tugasnya.
"Dengan memanfaatkan IT secara optimal dalam urusan administrasi, maka pegawai tidak perlu lagi repot-repot mengantarkan surat. Surat yang sudah ditandatangani oleh pejabat, di-scan, kemudian dikirim melalui aplikasi (e-mail) ke unit yang dituju. Dengan demikian, data-data surat tersebut terekam dalam elektronik dan prosenya menjadi cepat," ujarnya.

(UmmuS/ra)


Tags:

Bagikan:







Pendis
SIMPATIKA

Sistem Pendataan Informasi Tenaga Kependidikan

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah

Pendis
Selamat Datang di Portal PPID Kementerian Agama

Ini adalah website resmi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kementerian Agama Republik Indonesia.