Kemenag Buka Pendaftaran Bantuan Pokja Guru

Pendis
Khodlirin Kontributor
Kamis, 26 Mei 2022 18:21 WIB
Pendis

Direktur GTK Madrasah Muhammad Zain memberikan arahan dalam Workshop Admin KKGTK

Surabaya (Pendis) --- Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kementerian Agama membuka Pendaftaran Bantuan bagi Kelompok Kerja (Pokja) Guru. Giat dilaksanakan selama 4 (empat) hari, sejak 23 s.d. 26 Mei 2022 di Surabaya.

Muhammad Zain selaku Direktur GTK Madrasah menjelaskan bahwa saat ini kita sedang memasuki era VUCA (Vulatality/ bergejolak, Uncertainty/ketidakpastian, Complexity/ kompleks dan Ambigiuty/ ambigu). Oleh karenanya, birokrasi sebagai pelayan masyarakat harus simpel, sederhana  sebagaimana disebut dalam buku Jin Kang Moller,  the Simplicity playbook for innovators, paparnya ketika memberikan arahan dalam kegiatan Workshop Admin KKGTK Tingkat Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota (25/05/2022).

Selain itu menurut Zain ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar target kegiatan yang sudah direncanakan bisa terlaksana dengan baik. Pertama, setiap kegiatan harus terdokumentasikan dengan baik, kedua, harus simplicity, sederhana dengan melakukan perubahan mindsite bagi admin, kabid dan kasi dalam memberikan pelayanan kepada publik, ketiga, agility (lincah), yakni menciptakan birokrasi yang lincah dengan memanfaatkan kemajuan ICT dalam setiap pengambilan keputusan, sehingga akurat, transparan dan akuntabel, imbuhnya.

"Satu rupiah yang kita investasikan untuk pengembangan SDM akan kita rasakan dampaknya pada beberapa tahun ke depan. Sehingga uang rakyat tersebut dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi proses pembelajaran dan layanan pendidikan yang berkualitas, tandasnya.

Menurut Makinuddin sebagai Konsultan Bantuan Pokja Guru menyampaikan bahwa kegiatan ini ditujukan untuk memberikan penjelasan tentang langkah dan tahapan bantuan tahun anggaran 2022 serta penggunaan aplikasi KKGTK dalam melakukan pendaftaran, verifikasi, dan validasi Pokja yang akan menerima bantuan, paparnya.

Selain itu, menurut Makin, bagian yang penting disampaikan pada kegiatan ini antara lain :

1.Tujuan pemberian bantuan (Block Grand) kepada Pokja;

2.Perangkat, langka, dan tahap untuk mencapai tujuan pemberian bantuan kepada Pokja;

3.Pengenalan para pihak (stakeholder) yang terlibat dalam kegiatan untuk mencapai tujuan bantuan;

4.Mekanisme, koordinasi, prosedur kerja, dan sistem pelaporan pemberian bantuan;

5.Organisasi, tugas, dan tanggung jawab admin masing-masing jenjang;

6.Timeline kegiatan pendaftaran, verifikasi, dan penyiapan SK penerima bantuan;

7.Detail penggunaan aplikasi, pengenalan fitur dalam aplikasi, dan aturan main sebagai admin kabupaten, kota maupun provinsi, dll, pungkasnya.

Forum workshop Admin KKGTK Tingkat Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota dihadiri oleh admin KKGTK Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota, JFU, JFT, PPNPN, Kasubdit Bina GTK MA/MAK dan Direktur GTK Madrasah.


Pendis

Bagikan:







Pendis
SIMPATIKA

Sistem Pendataan Informasi Tenaga Kependidikan

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah

Pendis
Selamat Datang di Portal PPID Kementerian Agama

Ini adalah website resmi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kementerian Agama Republik Indonesia.