Kemenag Kuatkan Pemahaman Moderasi Beragama Guru Madrasah di NTB

Jumat, 17 Mei 2024 10:25 WIB
Pendis

Nur Kafid, salah satu narasumber pada Penguatan Kompetensi GTK Madrasah Angkatan II

Lombok (Kemenag) - Moderasi Beragama sebagai Tools Pembelajaran Kontekstual menjadi salah satu materi penting dalam menguatkan kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah. Acara ini bertujuan memperkuat peran madrasah dalam mengajarkan nilai-nilai moderasi beragama sebagai bagian dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 dan program prioritas Kementerian Agama RI.

Nur Kafid, dalam paparan materinya menyatakan bahwa moderasi beragama (MB) menjadi fokus utama karena tingginya tren intoleransi di ruang publik, terutama di media digital. 

"Meski madrasah idealnya mampu menjadi role model Islam moderat, kenyataannya, kelompok mayoritas moderat cenderung pasif dalam menghadapi kasus-kasus intoleransi dan radikalisme beragama," ujarnya di Lombok pada Kamis (16/5/2024).

Beliau membeberkan ada beberapa faktor yang menyebabkan moderasi beragama belum dominan di ruang publik diantaranya,keberagaman dalam masyarakat yang kompleks, variasi dalam manajemen dan kurikulum, peran penting guru dan pemimpin pendidikan, beragam latar belakang dan pengalaman individu serta dinamika interaksi sosial di lingkungan pendidikan.

"Faktor-faktor tersebut menjadikan moderasi beragama belum bisa mendominasi ruang publik kita," katanya.

Kurikulum dan tenaga pendidik, lanjut Nur Kafid, memegang peran krusial dalam transformasi pengetahuan agama. Menurutnya, kurikulum perlu diarahkan untuk mengintegrasikan nilai-nilai moderasi beragama melalui pendekatan kontributif, adaptif, transformatif, dan aksi sosial. 

"Guru, sebagai penafsir dan pelaksana kurikulum, tentunya memiliki peran penting dalam membentuk pemahaman peserta didik tentang Islam yang damai dan toleran," tandasnya.

Nur Kafid juga menekankan pentingnya pendekatan kultural yang diakuinya sebagai cara efektif untuk menyampaikan substansi moderasi beragama. Dengan melibatkan unsur budaya, sosial, psikologis, dan etis dalam pendidikan, kata Nur Kafid, dapat membantu internalisasi nilai-nilai moderasi. 

Selain itu, lanjutnya, pengalaman langsung dengan keragaman melalui program interreligious literacy, kunjungan tempat ibadah, dan interaksi dengan komunitas multikultur juga menjadi strategi penting dalam mengajarkan toleransi.

Setelah adanya materi ini, Nur Kafid berharap madrasah dapat lebih aktif dalam mengarusutamakan moderasi beragama, menjadikannya sebagai sistem kultural, sosial, dan kepribadian yang holistik dan kontekstual. "Mari kita ajak semua untuk berpartisipasi aktif dalam mewujudkan pendidikan yang inklusif dan toleran," ajaknya.

Kegiatan  Penguatan Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah Angkatan II dilaksanakan di Lombok Nusa Tenggara Barat, 15-17 Mei 2024 yang diikuti oleh 33 Guru dan Kepala Madrasah.


Bagikan:







Pendis
SIMPATIKA

Sistem Pendataan Informasi Tenaga Kependidikan

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah