Pentingnya Pembekalan Psikososial Guru RA di Era Pandemi

Kamis, 22 Oktober 2020 12:58 WIB
Pendis

Pentingnya Pembekalan Psikososial Guru RA di Era Pandemi

Jakarta (Pendis)--- Depresi atau stress dapat terjadi pada siapa saja, guru, orang tua maupun siswa terutama di era pandemic saat ini dimana terjadi perubahan system pembelajaran. Secara psikologis dan juga medis, saat merasa stres dan guru atau siswa dikuasai oleh emosi yang intens, maka hormon stres bernama kortisol akan mendominasi di otak dan menghambat kemampuan berpikir seseorang. 

Hal ini disampaikan Psikolog Specialis Pendidikan Wahana Visi Indonesia, Saskia Rosita Indasari, saat memberikan materi Pembekalan Psikososial Guru RA dalam Pelatihan Pengembangan Kapasitas Guru RA yang digelar secara daring oleh Direktorat Guru Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah, Rabu (21/10).

“Seseorang menjadi sulit untuk berpikir secara jernih dan rasional, sulit memusatkan perhatian (atentif), dan sulit untuk memecahkan masalah yang ada,” terang Saskia.

Menurut Saskia, jika kondisi depressi dan stress yang terjadi pada diri seseorang tidak segera diperbaiki dan berkelanjutan maka kemungkinan besar akan mengakibatkan hal-hal yang tidak diinginkan. Menurutnya, Kapasitas pemulihan seseorang dalam mengatasi stress tentu berbeda satu sama lain. 

“Pemulihan seseorang dalam mengatasi stress dipengaruhi oleh faktor kualitas diri dan lingkungan social dan faktor pendukung. segala bentuk pilihan tingkah laku yang ada pada diri seseorang dan lingkungan social untuk mempertahankan atau meningkatkan kesehatan psikologis social sangat berpengaruh,” tutur Saskia.

“Pada prinsipnya, cepat lambatnya pemulihan anak ataupun orang dewasa tergantung dari faktor pelindung dan faktor penghambatnya,” sambungnya.

Dikatakan Saskia, semakin dewasa seseorang maka makin berat faktor penghambatnya dan cenderung akan semakin lama proses pemulihannya. Tetapi, lanjutnya, orang dewasa yang sadar jika dirinya butuh pertolongan, akan mencari bantuan serta ada dorongan dalam diri untuk bangkit, maka hal tersebut akan mempercepat untuk pulih. 

“Begitupula dengan anak. Anak yang terlatih mengekspresikan dan mengkomunikasikan emosinya serta kooperatif, ia akan lebih mudah ditangani,” ujarnya

Saskia menjelaskan cara memberikan pertolongan pertama psikologis pada anak yang mengalami stress yaitu dengan lakukan 3M: Pertama, mengamati situasi dan perubahan perilaku anak, kedua, mendengarkan keluhan dan aspirasi anak serta mendengarkan juga keluhan orang-orang di sekitar tentang perilaku si anak. 

Ketiga, lanjut Saskia, menghubungkan permasalahan yang dialami anak dengan pihak yang lebih tepat. “Cobalah luangkan waktu sejenak untuk benar-benar hadir untuk anak, mendengarkan mereka, melakukan aktivitas menyenangkan bersama mereka,” pungkas Saskia.

Kasubdit Bina GTK RA, Siti Sakdiyah, mengatakan, dalam masa Pembelajaran Jarak Jauh, untuk mengurangi tingkat depresi yang kemungkinan bisa dialami oleh guru atau siswa efek kejenuhan yang cukup lama, guru perlu membangun komunitas yang bisa dilakukan baik sesama guru, keluarga, orang tua, ataupun dengan anak didik untuk sekedar berdiskusi atau membangun komunikasi positif. 

“Dengan menyapa dalam komunitas tersebut dapat mengurai dan melupakan sejenak kejenuhan yang terjadi. Rileks, relaksasi dan rekreasional sejenak bisa dilakukan untuk membangun dan meningkatkan imunitas guru sejahtera siswa bahagia di tengah PJJ yang melanda,” pungkas Sakdiyah.

(Rury/My)


Tags:

Bagikan:







Pendis
SIMPATIKA

Sistem Pendataan Informasi Tenaga Kependidikan

Pendis
KKGTK

Kelompok Kerja Guru Tenaga Kependidikan

Pendis
AKGTK

Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan

Pendis
SISFODEMA

Sistem Informasi Dosen dan Mahasiswa

Pendis
SILABA

Sistem Layanan Bantuan Pendidikan Agama Islam

Pendis
SIAGA

Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama

Pendis
SIKAP

Sistem Administrasi Keagamaan dan Pesantren

Pendis
BEASISWA

Sistem Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMBA

Sistem Informasi Manajemen Bantuan Pesantren

Pendis
SILADIKTIS

Sistem Informasi Layanan Pendidikan Tinggi

Pendis
SIPPRO

Sistem Informasi Pengajuan Program Studi Baru

Pendis
PENYERTAAN IJAZAH

Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Pendis
SIMSARPRAS

Sistem Informasi Sarana Prasarana Madrasah

Pendis
RDM

Rapor Digital Madrasah

Pendis
SIMPRO

Sistem Monitoring Perkembangan Proyek

Pendis
CENDIKIA

Koleksi Elektronik Buku Pendidikan Agama

Pendis
KIP KULIAH

Program beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Agama

Pendis
SERDOS

Sistem Sertifikasi Dosen Pendidikan Agama

Pendis
PAKPTK

Layanan Aplikasi Penilaian Angka Kredit PTKI

Pendis
SIMSARPAS PTKI

Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana PTKI

Pendis
LITAPDIMAS

Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendis
BEASISWA TIMTENG

Layanan Beasiswa Timur Tengah

Pendis
SITREN

Sistem Layanan Tanda Daftar Keberadaan Pesantren

Pendis
IJOP PDMA

Selamat datang di layanan Ijin Operasional PDMA

Pendis
SIPDAR LPQ

Tanda Daftar Lembaga Pendidikan Al-Quran

Pendis
PBSB

Program Beasiswa Santri Berprestasi

Pendis
SIMORA

Sistem Informasi dan Manajemen PBSB

Pendis
KEMANDIRIAN PESANTREN

Sistem Informasi Kemandirian Pesantren

Pendis
SPACE

Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik

Pendis
PDUM

Pangkalan Data Ujian Madrasah

Pendis
AKMI

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
PORTAL AKM

Portal Asesmen Kompetensi Madrasah

Pendis
APP MADRASAH

Sistem Kelembagaan dan Kerjasama Madrasah

Pendis
ERKAM

Sistem Perencanaan dan Penganggaran

Pendis
BOS KEMENAG

Bantuan Operasional Sekolah Kemenag

Pendis
IJOP SAH

Izin Operasional Pendirian Madrasah